by

Gerakan Edukatif, Satu Siswa Satu Sampah

Wartasulsel.net, – Sidrap. Membahas masalah sampah, maka ibarat air dilautan yang tak ada habisnya. Namun, bukan tidak bisa untuk dikelola atau diolah. Proses mengelola sampah harus dimulai dari hulu sampai hilir. Sinergitas dan kerjasama antar semua pihak menjadi salah satu hal yang paling penting.

Mengedukasi masyarakat sejak dini dimulai dari siswa Sekolah Dasar (SD), dengan membuat gerakan edukatif yaitu Satu Siswa Satu Sampah. Di adopsi dari bus sampah surabaya saat studi banding edukasi sampah yang dicangakan pemerintah Kota Surabaya.

 

Konsep kegiatannya ialah mengantar siswa ke sekolah dengan motoroda, sistem pembayaran tiket pakai sampah dan kami pakai hadiah buku tulis bagi siswa dengan sampah terbanyak yang dikumpul dan disetor ke bank sampah Nene Mallomo, ungkap La Onchas.

 

Melibatkan anak-anak dalam menjaga lingkungannya, akan memberikan edukasi positif bagi mereka. Siswa yang menjadi pilot project dalam gerakan ini ialah anak-anak SD 3 & 4 Watang Sidenreng, Sidrap.

 

Maksud dan tujuan kegiatan ini sebagai sarana edukasi kepada anak-anak dan orang tua siswa bahwa sampah itu bisa di gunakan untuk apa saja seperti alat pembayaran angkutan sekolah dan mereka tidak lagi harus jalan kaki atau menyuruh orang tuanya mengantar mereka ke sekokah, lanjut La Onchas.

Foto: Motoroda Pengantar Siswa

Target peserta gerakan ini ialah disesuaikan dengan kapasitas motoroda yaitu 10-15 anak. Harapan yang didapat dari kegiatan itu ialah mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah. Selain itu kam

i berharap bahwa  pemerintah daerah Kabupaten Sidenreng Rappang bisa menyediakan angkutan yang menganut sistem pembayaran pakai sampah namun volumenya lebih besar seperti bus sekolah.

 

Sekolah menjadi salah satu dari kegiatan ini karena dari hasil survei kami, bahwa salah satu penyumbang sampah terbesar ialah sekokah. Oleh sebab itu, lingkungan sekolah dijadikan objek gerakan agar terbangun kesadaran sejak dini dan berimbas pada lingkungan masyarakat luas.

 

Penulis/Sumber: La Onchas

News Feed