by

FAI UIT Pelatihan Memandikan Dan Mengurus Jenazah

Wartasulsel.net,- Tim Bakti Sosial, Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, melalui Fakultas Agama Islam (FAI), menggelar ‘Pelatihan Memandikan dan Mengurus Jenazah’ kepada warga Desa Parangmata, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Minggu 13 Mei 2018.

Pelatihan pemulasaraan atau perawatan jenazah ini masih sangat minim dilakukan, apalagi di lingkungan pedesaan. Hal itulah yang memotifasi kami melaksanakannya ujar Wakil Dekan FAI UIT, Mukti Ali Jarbi,S.Ag.MH. di hadapan jamaah Masjid

Mukti Ali, selaku nara sumber dalam pelatihan itu mengatakan, “Tujuan pelatihan ini untuk berbagi pengetahuan yang lebih mendalam, tentang tata cara merawat jenazah yang benar sesuai tuntunan Islam,” ujarnya.

Kepala Desa Parangmata, H. Nursalam, SH., mengatakan “Pelatihan merawat jenazah, memang sangat dibutuhkan oleh warganya, selama ini jumlah warga yang mampu melakukan proses merawat jenazah masih sedikit di Parangmata ini,” ujarnya .

Dalam pelatihan itu, peserta diberi beberapa materi tentang pemulasaran jenazah, meliputi mengindentifikasi kematian seseorang, perawatan pasien terminal (pasien yang sudah mendetakati sakaratul maut). “Selain materi juga ada teori sekaligus praktek dasar tentang merawat jenazah seperti proses memandikan, mengkafani, menyalatkan dan menguburkan jenazah,” jelas Ridwan, SE. MM. staf FAI.

Hal senada juga diungkapkan, Nurmadiah, S.Ag. M.Pd. anggota Tim bahwa Pelatihan tatacara merawat jenazah itu, bertujuan menciptakan para kader dan tenaga terampil dalam merawat jenazah. Sejumlah staf FAI UIT, Maryam, SE. MM. Muhammad Ridwan, SE. MM. Hasnah, S.PdI. dan Asliana, disamping panitia Bakti sosial lainnya. (rilis).D’M*

News Feed