by

Festival Seni Narapidana Se-Nusantara Digelar Akhir April Mendatang

-Nasional-215 views

WARTASULSEL.NET, – Direktor Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM untuk pertama kalinya menyelenggarakan Indonesia Prison Art Festival 2018 (IPA Fest) 2018 pada tanggal 23-24 April 2018. Kegiatan ini adalah festival seni dan budaya dari narapidana dari seluruh Nusantara.

“Kami berharap penyelenggaraan IPA Fest 2018 ini bisa memberikan motivasi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) agar terpacu lebih baik dan mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembinaan WBP,” kata Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Marjoeki di Jakarta, Jumat (13/4).

Dia mengatakan tema yang akan diusung dalam festival tersebut adalah Bhineka Tunggal Ika. Menurut dia, momentum tersebut juga mampu mengembalikan rasa nasionalisme sehingga tanggung jawab para pelanggar hukum dapat kembali tumbuh.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengatakan, mayoritas pengisi acara merupakan warga binaan yang akan menampilkan berbagai pertunjukan. Seperti seni tari, seni musik baik modern atau tradisional, dan seni teater.

“Nantinya akan ada pengisi acara lainnya seperti Emha Ainun Najib, Cak Lontong, dan lainnya yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara,” jelas Sri.

IPAFest 2018 merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54 yang diselenggarakan sejak tanggal 3 hingga 27 April 2018. Selain itu, Ditjen PAS juga akan menyelenggarakan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kegiatan membasuh kaki orangtua secara serentak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) se-Indonesia.

News Feed