Bagaimana Cara Berwudhu Bagi Wanita Di Tempat Terbuka? Ini Jawabannya

Religi1,442 views

Wartasulsel.net,- Assalamu’alaykum. Sebelumnya izin bertanya, sekarang ini alhamdulillah saya sudah istiqomah untuk terus berjilbab.

Namun ada sedikit pertanyaan bagaimana cara wudhu kalau sedang berada di tempat wudhu yang terbuka atau tidak ada tempat wudhu khusus wanita? Apakah saya perlu membuka kerudung?. Mohon penjelasannya dan terima kasih………………… Jawab:

Daeng Manye

Wa’alaykumsalam warahmatullah.

Bagi Anda kaum muslimah untuk berwudhu di tempat terbuka atau tidak ada tempat wudlu khusus bagi muslimah maka Anda tidak perlu membuka kerudung atau bagian aurat lainnya.

Caranya usap saja kepala Anda sambil tetap berkerudung, begitu pula kaki Anda cukup diusap bagian atasnya dengan tetap berkaos kaki atau bersepatu. Pendapat ini merujuk pada keterangan berikut. Amr Ibnu Umayyah r.a. yang berkata,

“Aku pernah melihat Rasulullah saw. mengusap sorban dan kedua sepatunya ketika wudlu.” (H.R. Bukhari, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Dari keterangan ini sebagian ulama fiqih menjelaskan bahwa Nabi Saw pernah mengusap sorbannya saat berwudlu sehingga dijadikan dalil bolehnya mengusap kepala saat berkerudung.

Ini bisa dijadikan dalil bahwa bagi wanita yang berwudlu di tempat terbuka agar terjaga auratnya, maka kerudung dan kaus kakinya tidak usah dibuka, tetapi cukup diusap.

Meski demikian sebaiknya Anda berwudlu tidak bercampur atau berdesakan dengan kaum pria. Tunggu beberapa saat sampai lowong atau longgar atau tidak ada kaum pria yang wudlu disitu.Wallahu ’alam Bishowab.(*)