by

Pesan Menyambut Ramadhan 12 Rajab 1439H : “SANG PEMIMPIN”

Wartasulsel. Net, – Saat ini lagi musim memilih pemimpin. Di tingkat daerah ada Pilbup atau Pilwakot. Di tingkat univeristas ada Pilrek dan di tingkat Fakultas ada Pildek.

Di Unhas sendiri, sudah terpilih rektor utk periode empat tahun ke depan dan rencana pelantikan bulan April nanti. Beberapa fakultas di lingkungan Unhas sdh dilantik dekannya dan lainnya masih dalam proses pemilihan dan menunggu pelantikan.

Menjadi pemimpin adalah salah satu tugas yang diamanahkan Allah kepada kita semuanya. Seorang istri menjadi pemimpin orang2 yang ada di rumah suaminya.

Seorang suami, lbh luas lagi, dia menjadi pemimpin buat istri dan anak2nya serta bertanggung jawab mencari nafkah. Semakin keluar tentu semakin luas wilayah “kekuasaan” dari seorang pemimpin. Hanya banyak yang kurang memahami cakupan tanggung jawab seorang pemimpin.

Tanggung jawab pemimpin memang sangat berat. Mereka harus bekerja lebih berat dari bawahannya. Mereka harus bisa mengayomi berbagai karakter orang yg ada di sekitarnya dan di bawahnya. Mereka juga harus mendengar pendapat dan keluhan mereka.

Yang paling penting pemimpin harus bisa menjadikan anggotanya semakin taat kepada Sang Pencipta. Pemimpin harus lebih awal ke mesjid, harus hadir dalam majelis pengajian, harus menjaga mulutnya dari sangkaan2 negatif, dan mereka harus menjadi contoh utama dalam berakhlak karimah.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wahuwalladzii ja’alakum khalaaifal ardhi warafa’a ba’dhakum fauqa ba’dhin darajaatil liyabluwakum fiimaa aataakum (QS Al An’aam 6:165). Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas orang lain utk mengujimu atas (karunia) yang diberikannya kepadamu.

JADILAH PEMIMPIN YANG MEMBAWA MASYARAKAT KEPADA KEBAHAGIAAN DUNIA DAN AKHIRAT.(Veni.H)

News Feed