by

Dukung GN-ISA, Disdukcapil Makassar Target 97% Di Tahun 2019

Ekonomi, Wartasulsel.net, – Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar melakukan pelayanan secara cepat dan berpindah pindah (mobile) untuk perekaman elektronik KTP (e-KTP) warga Kota Makassar.

“Implementasi Gerakan Nasional Indonesia Sadar Administrasi (GN-ISA) kependudukan dengan melakukan pelayanan dari satu titik ke titik lain yang tersebar di 15 kecamatan, yang ada di Makassar” kata Kadis Dukcapil Makassar Nielma Palamba disela pelayanan e-KTP di Kantor Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso, Makassar, Jumat (23/3/2018).dilansir wartaekonomi.

Kegiatan yang dilakukan ini untuk mendukung program pemerintah GN-ISA dengan target menjangkau 97 persen warga negara Indonesia yang berusia diatas 17 tahun sudah memiliki e-KTP pada 2019.

Melalui layanan ini, diharapkan kesadaran warga terbangun bahwa dokumen kependudukan sangatlah penting dan jangan dianggap remeh.

Kemudian, pihaknya ingin mempermudah warga memperoleh layanan administrasi kependudukan, sehingga tidak ada alasan lagi tidak memiliki e-KTP, akta kelahiran dan sebagainya karena alasan sulit atau tidak ada waktu ke kantor Dinas Dukcapil.

“Kami ingin turun menjemput bolanya’, sehingga tidak ada alasan lagi bagi warga tidak melengkapi dokumen kependudukannya, karena hari libur pun kami tetap melayani, maka tidak ada alasan lagi.

Langkah ini juga dinilai penting untuk mengeliminasi praktik percaloan dilapangan, pasalanya semua layanan administrasi kependudukan ini tidak dipungut bayaran alias gratis, sehingga warga tidak perlu ragu-ragu mengurus dokumen kependudukannya di Makassar.

Salah satu warga Makassar Linda mengatakan sangat senang dengan adanya layanan tersebut, karena tidak perlu ke Kantor Dinas Dukcapil yang jaraknya jauh dari rumahnya yang disebabkan oleh jarak dan waktu menghalangai kami.(*)