by

“Gema Cermat” Dibuka Resmi Wabup Takalar Di Pattallassang

Takalar,Wartasulsel.net, – Dinas Kesehatan Prov. Sulsel menyelenggarakan Pertemuan Edukasi Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang dibuka resmi oleh Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg. Se’re, S. Sos di Hotel Grand Kalampa Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.(21/3/2018). 

Dalam rangka mempercepat upaya peningkatan pengetahuan, kepedulian dan keterampilan masyarakat tentang cara penggunaan obat yang benar di tengah masyarakat sehingga kegaiatan semacam ini dilakukan. 

Ketua panitia dra. Nurdaonah APT. M. Kes bahwa pertemuan ini berlangsung sehari dengan jumlah peserta kurang lebih 50 orang terdiri dari Apoteker di Kabupaten Takalar dan warga masyarakat sendiri. 

Wakil Bupati Takalar dalam menyampaikan sambutan Bupati Takalar mengatakan bahwa ada 3 hal yang sangat penting yang harus dilakukan di negara berkembang yaitu intelektual, kecerdasan anak bangsa, kesehatan dan stabilitas keamanan. 

Foto : Wabup Takalar saat menyerahkan edukasi Kit dan Pin dari perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulsel

Menurutnya, Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan pola penyakit atau transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tersebut. 

“Untuk itu peningkatan pengetahuan, kepedulian dan keterampilan masyarakat tentang bagaimana menggunakan obat secara rasional, bagaimana menyimpan obat yang benar, bagaimana membuang obat yang tepat baik waktu melakukan swamedikasi maupun pada saat menjalani terapi medis diperlukan peran dan keterlibatan tenaga kesehatan dan yang paling kompeten yaitu apoteker.”ungkap Ahmad Dg. Se’re. 

Kegiatan ini kita bangun komitmen bersama antara tenaga kesehatan, Pemerintah Setempat, Tokoh Mayarakat, Organisasi Masyarakat dan kader kesehatan untuk melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan masyarakat agar mampu dan cerdas menggunakan obat”,harapnya. 

Foto : Tampak ketiga dari kiri Rahman Nambung Kepala Puskesmas Galesonng

Kepala Dinas Kabupaten Takalar dr. Nilal Fausiah, M. Kes mewakili Kepala Dinas Provinsi Sulsel mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman agar cermat dalam menggunakan obat sehingga obat dapat digunakan secara rasional. Dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menggunakan obat. 

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menggunakan, memilih dan menyimpan obat dengan benar”. Tutupnya. 

Akhir kegiatan kemudian dirangkaikan dengan penyerahan edukasi Kit dan Pin dari perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulsel kepada Wakil bupati Takalar dan Pencanangan Pemasangan Pin dan Edukasi kit dari wakil Bupati Takalar kepada Apoteker, Ungkap Kepala H Rahman Nambung Kepala Puskesmas Galesong.(P5/redws).