by

“Karaeng Galesong” Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Disebut Dalam Seminar Nasional

Makassar, Wartasulsel.net, – Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Sosial dan Kebudayaan kemarin gelar kegiatan “Seminar Nasional” yang bertajuk pengusulan I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai Pahlawan Nasional di Hotel Max One Kota Makassar.

 

Kegiatan yang dimulai dari pagi hingga sore, menghadirkan sejumlah Tokoh-Tokoh Adat Se-Nusantara, Tokoh Adat Galesong Raya, Tokoh Pemerhati Budaya, Tokoh Pemuda, Guru-Guru Sejarah Se-Kabupaten Takalar.

 

Kepala Dinas Sosial dan Kebudayaan Muhammad Ridwan Tiro, SE.,MM dalam kesempatannya memberikan laporan Panitia Pelaksana seminar nasional pengusulan I mannidori i Kr Tojeng Karaeng Galesong sebagai pahlawan nasional, mengungkapkan ucapan rasa terimah kasih kepada para undangan dan menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan selama sehari yang diikuti oleh 250 peserta.

 

Peserta tersebut sambungnya, yakni terdiri dari Forkopimda, Pimpinan OPD, DP2P, Ormas, BUMN, BUMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta para tamu kebesaran para raja-raja nusantara..

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan piagam dukungan oleh Yang Mulia Paku Alam IX Al Haj – Anglingkusumo dibacakan oleh Permaisuri Paku Alam IX, kemudian Dukungan Se Masyarakat Adat Nusantara dibacakan oleh KPH YAM Tuan Rheindra J.Wiroyudho Alam Syah,S.T sebagai Ketum DPP Masyarakat Adat Nusantara.

Foto bersama seusai pembukaan kegiatan Seminar Nasional pengusulan I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai Pahlawan Nasional di Hotel Max One Kota Makassar.

 

Dukungan piagam juga datang dari Sultan Sepuh XIV Keraton Kesepuhan Cirebon dibacakan oleh Andi Mapparessa Karaeng Turikale. Seusai pembacaan surat dukungan, Kegiatan lalu dilanjutkan dengan penyerahan piagam dukungan ke tim TP2GD kepada Prof. Aminuddin Salle,SH.,MH oleh Bupati Takalar H.Syamsari,S.Pt.,MM.

 

Pada kesempatan kemarin, Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Seminar Nasional pengusulan Pahlawan Nasional I Mannidori I Kr Tojeng Karaeng Galesong merupakan wujud sebagai penghargaan kita dalam jasa-jasa para pahlawan dan melalui seminar ini kita dapat mengaktualisasikan nilai-nilai perjuangan dan berangkat dari ikon Tokoh ini untuk tujuan Nasional.

Syamsari Kitta juga berharap agar melalui pelaksanaan seminar ini dapat merumuskan suatu kesepakatan bersama yang nantinya mengkonkritkan sosok I Mannidori I Kr Tojeng Karaeng Galesong layak diusulkan dalam pemberian gelar sebagai Pahlawan Nasional nantinya.

“Memiliki peranan yang begitu besar serta berpengaruh di Tanah Sulawesi dan Jawa serta keteladanan lengkap, maka layaklah Negara Indonesia memberikan gelar pahlawan nasional. Dengan memohon ridho dan petunjuk dari Allah SWT, mudah-mudahan pengusulan gelar pahlawan nasional bisa berjalan dengan lancar”,harapan Bupati Takalar.(*)