by

FPG Didukung Penuh Pemangku Adat Galesong Dan Gema Hasanuddin

Takalar, Wartasulsel.net, – Pasca Dialog Tokoh yang dilaksanakan oleh FPG (Forum Pemerhati Galesong) di Aula UPTD Galesong Rabu 14/3/2018 mendapat respon luar biasa dari berbagai kalangan, baik Tokoh pemuda, Tokoh Agama maupun Tokoh adat bahkan Tokoh Adat yang berasal dari luar Galesong sangat mendukung penuh kegiatan upaya FPG dalam memperjuangkan I Mannindori Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai Pahlawan Nasional.

Pengusulan I Mannidori Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai pahlawan nasional terus menggema di kalangan masyarakat Takalar,  berbagai upaya pun terus dilakukan oleh FPG hingga menemui Tokoh Keraton Panngkualam Jogja dan Keraton Cirebon yang dilakukan oleh Ketua Tim Pengkaji Pengusulan Gelar Daerah (TP2GD) Prof.  Aminuddin Salle, SH.MH yang juga adalah Ketua Dewan Pembina FPG bersama dengan Dinas Pariwisata Takalar.

Sebagai salah satu bahagian dari Kerajaan Gowa Karaeng Galesong tidak bisa dipisahkan dengan Kerajaan Gowa. Kemudian bahwa Perjuangan dari Karaeng Galesong I Mannindori terhadap Belanda adalah bahagian dari “Jihad”, terang A.Ilhamsyah Karaeng Cambangan Ri Gowa yang menjadi salah satu pemateri Dialog Tokoh yang mengangkat tema “Semangat Juang I Mannidori Kare Tojeng Karaeng Galesong Menuju Gelar Pahlawan Nasional”.

Pekikan “Allahu Akbar” mewarnai dialog Tokoh yang berlangsung meriah dengan hadirnya para Tokoh-Tokoh adat dan Tokoh-Tokoh Agama serta Pemuda.

Pengurus inti FPG Pusat menegaskan bahwa Republik Indonesia harus berterimah kasih kepada Karaeng Galesong karena berjuang bukan hanya ditanah kelahiran tapi sampai keluar daerahnya hingga ke Jawa sampai akhir hidupnya.

Ditambahkan pula bahwa bentuk penghargaan yang paling layak dari Republik ini adalah menganugerahkan “Gelar Pahlawan Nasional” dan menyematkan “Bintang Maha Putra Utama”, kepada I MANNINDORI KARE TOJENG KARAENG GALESONG.

Sementara Ridwan Basri Daeng Nakku Gallarang Parang-Parang (Bate Salapanga ri Gowa) dan juga pengurus pusat “Gema Hasanuddin”, selain mengapresiasi kegiatan Dialog Tokoh ini, juga dengan tegas menjelaskan bahwa siap mendukung penuh perjuangan FPG dalam memperjuangkan I Mannindori Kare Tojeng karena mengingat Karaeng Galesong sejak pasca perjanjian bungaya, masih tetap bersikukuh melanjutkan perjuangan melawan Belanda ke Tanah Jawa, dengan membantu perjuangan Pangeran Trunojoyo melawan Amangkurat 1 melawan yang bersekutu dengan Belanda, tegas Ridwan Basri.(*)