by

Pengolahan Limbah Plastik SD Negeri Mangkura 1 Makassar

Wartasulsel.Net, Makassar – Kegiatan Pengolahan limbah plastik SD Mangkura 1 Makassar, Program extrakorikuler atau Program adiwiyata memanfaatkan barang bekas menjadi layak pakai Makassar, (02/03/2018).

Kegiatan Program Adiwiyata SD Negeri Mangkura 1 Makassar yang diikuti siswa kelas 1 hingga kelas 6 ini sangat di minati siswa karena disamping anak diuji kemampuan berfikirnya dalam proses pengolahan limbah plastik juga sebagai kegiatan extra siswa, bukan hanya plastik namun beberapa bahan kertas, kayu bekas es cream juga dimanfaatkan siswa dalam hal ini.

wartasulsel wartasulsel

Salah seorang siswa Sastra anak Kelas IV pada saat diwawancarai mengatakan “Saya sangat senang belajar membuat celengan, tempat tissue”. Siswa juga sangat senang membuat berbagai macam koleksi yang terbuat dari bahan bekas dari sampah Rumah Tangga.

Menurut penuturan Safana anak Kelas V “Dalam proses pengerjaannya menjadi tempat tissue bisa memakan waktu sampai 5 menit dengan Proses memotong koran menjadi tiga bahagian lalu digulung menjadi beberapa bagian hingga di lem dan direkatkan dimasing masing pinggiran gulungan tersebut hingga membentuk persegi empat “, menurutnya.

Kegiatan ini juga berawal di Tahun 2017 dari beberapa ide dari komunitas orang tua siswa yang kemudian ditindak lanjuti oleh Guru-Guru yang ada di SD Negeri Mangkura 1 ini.

Hasil kerajinan siswa ini nantinya akan di pajang di Area khusus bahan bekas Daur Ulang yang ada dilingkup SD Negeri Mangkura 1 Makassar, Jalan Bontolempangan No. 65 Makassar.

Menurut penuturan Kepala Sekolah SD Negeri Mangkura 1, Bapak Drs. H. Syahrir Malle, M. Pd.I, menyampaikan bahwa kegiatan mendaur ulang sampah ini dilakukan sejak dua tahun yang lalu sejak dijadikannya SD Mangkura 1 Makassar sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi dan kedepannya akan menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional dengan pemanfaatan Sampah Masyarakat menjadi barang yang berharga yang bisa menghasilkan uang bagi siswa Sekolah.

Lebih Lanjut Kepala Sekolah Ke 4 ini di SD Mangkura 1 Makassar menyampaikan bahwa sejak Walikota Makassar mencanangkannya 18 Program perintah Harian atau 18 Revolusi pendidikan bahwa salah satunya sekolah Harus mempunyai Sekolah Adiwiyata sehingga Kepala Sekolah mencanangkan Sekolah SD Mangkura 1 Makassar sebagai Sekolah Adiwiyata di Makassar. Yang memanfaatkan sampah Rumah tangga untuk bisa di daur ulang dan dapat bernilai ekonomis imbuhnya.

Laporan : DM (D’Munt)

Editor : Redaksi WS

Photo : DM

News Feed