by

Ketumbar Mampu Turunkan Gula Darah

Wartasulsel.net, – Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit. Anda pun mungkin menjadi pelakunya, mencari-cari berbagai resep herbal yang dapat menjaga imunitas dan membuat Anda terhindar dari penyakit. Bagi yang senang menjalani pola hidup alami untuk membuat badan tetap bugar, ketumbar bisa menjadi salah satu pilihan.

Terkenal sebagai bumbu masak berbentuk bundar mungil yang dapat menimbulkan aroma harum dan menyedapkan rasa, nyatanya ketumbar memiliki beragam fungsi lain yang dapat membantu Anda menghindari berbagai penyakit yang menghantui.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi ketumbar yang sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin hidup sehat.

Mengurangi Kolesterol
Menyantap makanan cepat saji seakan menjadi gaya hidup yang berkembang dewasa ini. Namun, kebiasaan tersebut pula yang memicu meningkatnya kolesterol Anda secara drastis. Ciri utamanya, Anda merasakan pegal-pegal dan ngilu di sekitar belakang leher. Mengandung asam linoleat, asal palmitat, asam streatat, dan asam askorbat; ketumbar bisa menjadi cara ampuh mengurangi kadar kolesterol Anda. Senyawa-senyawa tersebut juga bisa menghancurkan sumbatan kolesterol dalam pembuluh darah yang jika dibiarkan bisa memicu penyakit jantung koroner.

Membuat Menstruasi Teratur

Beberapa perempuan sering mengeluhkan siklus menstruasi mereka yang tidak teratur. Ketidakteraturan tersebut juga menyebabkan rasa amat nyeri yang terasa saat sedang haid. Karena itu, menstruasi yang teratur juga dapat menjadi kunci menghilangkan rasa sakit ketika sedang mengalaminya. Ketumbar bisa menjadi solusi bagi Anda yang kerap bermasalah dengan siklus haid teratur. Hal tersebut karena si bundar mungil ini mampu menjaga sekresi hormon dari kelenjar endokrin.    

Menjaga Fungsi Penglihatan

Era digital sekarang membuat Anda sulit terlepas dari gadget. Banyak pekerjaan pun yang mengharuskan Anda melihat layar komputer secara terus-menerus. Jika sudah demikian, Anda akan sangat rentan mengalami mata lelah hingga gangguan penglihatan. Mengandung vitamin A yang cukup tinggi, ketumbar cocok untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan menghindarkan Anda dari mata lelah maupun degenerasi makula.

Mencegah Kerapuhan Tulang
Meskipun bentuknya mungil, ketumbar ternyata kaya akan vitamin K, kalium, dan kalsium. Semua zat tersebut dikenal sebagai penutrisi tulang yang ampuh untuk menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit tulang akibat gaya hidup maupun faktor usia. Jadi ketika Anda mulai merasakan keropos ataupun nyeri pada tulang-tulang, mengonsumsi air seduhan ketumbar dapat menjadi jawaban permasalahan ini.

Memperbaiki Fungsi Hati dan Lambung

Ketumbar mengandung berbagai minyak esensial penting yang bisa menjaga fungsi hati dan lambung Anda. Minyak-minyak esensial tersebut berjenis borneol dan linaool. Kedua zat ini aktif menjadi aktibakteri yang rentan menyerang hati dan lambung. Zat-zat tersebut juga mampu menghasilkan fungsi detoksifikasi yang bisa menghilangkan logam berbahaya yang ada di tubuh.

Menurunkan Gula Darah
Bagi para penderita diabetes, selain mengonsumsi obat-obatan untuk memperbaiki kadar gula darah dalam tubuh, Anda juga bisa mengatasi penyakit kencing manis ini dengan mengonsumsi ketumbar secara teratur. Zat cumin yang terdapat dalam ketumbar mampu merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin lebih banyak. Karena itulah, dengan menyantap ketumbar, kadar gula darah Anda dapat turun. (wartakesehatan).