by

Ada 5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartasulsel.net, – Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau badan.

Ada bermacam penyebab bau badan, seperti perubahan hormon, kuman, dan makanan. Dikutip dari  All Women’s Stalk, berikut beberapa sebab lain bau badan bisa muncul :

1. Mengkonsumsi obat 
Sebagian jenis obat dapat memberi dampak munculnya bau badan yang lebih tajam. Ini didasarkan oleh riset dari Mayo Clinic, bahwa obat sejenis Tylenol akan menyebabkan seseorang berkeringat dan bau tubuhnya lebih tajam.

2. Kurang vitamin 
Biasanya apabila Anda kurang mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium, maka bau tubuh akan mulai tidak sedap. Ini lantaran magnesium berperan juga mengurangi aroma tubuh seseorang. Makanan yang memiliki kandungan magnesium diantaranya kacang mede, almond, wijen, dan cokelat hitam.

3. Kurang karbohidrat 
Pelaku diet biasanya akan kurangi jenis konsumsi karbohidrat. Semakin sedikit karbohidrat yang Anda konsumsi, jadi bau tubuh bakal semakin kuat. Ini disebabkan semakin rendahnya kandungan ketone dalam darah. Ketone yaitu zat yang dilepaskan bila Anda mengonsumsi karbohidrat.

4. Makan daging 
Mengkonsumsi daging juga jadi biang bau badan. Dalam sistem pencernaannya, daging perlu lebih banyak waktu di saluran pencernaan, sehingga badan akan semakin banyak menghasilkan asam amino. Sisa residu itu bakal membuat bau tidak enak, terlebih bila bakteri telah ikut serta.

5. Sayur tinggi sulfur 
Sayuran dengan kandungan sulfur yang tinggi seperti brokoli, kembang kol, dan jenis kubis dapat juga menyebabkan timbulnya aroma tidak sedap di badan.(wartakesehatan/red ws)