by

Ini Manfaat Berkemah Bagi Kesehatan

Hal pertama yang akan terasa saat berkemah adalah : rehat dari teknologi. Bila dalam kehidupan sehari-hari, Anda adalah tipe yang tak bisa jauh dari gawai, maka berkemah adalah momen untuk menikmati waktu dengan santai tanpa terus menatap layar ponsel.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengakses teknologi dapat menyebabkan peningkatan perasaan cemas dan kurang tidur. Berkemah berarti menjalankan hari-hari dengan menikmati pemandangan alam, mengeksplorasi tempat baru, bersantai, dan sejenak melupakan kepenatan.

Saat berkemah, tingkat stres juga dapat berkurang. Berada di luar ruangan dan mencoba pengalaman hidup yang baru dapat mengurangi tingkat stres dan menurunkan kecemasan dan depresi.

Menurut studi oleh University of ColoradoBoulder, berkemah dapat membuat Anda tidur lebih baik. Para peneliti menyatakan bahwa tidur jauh dari cahaya buatan membantu mengatur ulang siklus 24 jam dan mengurangi rasa grogi.

Melakukan kegiatan baru seperti menyiapkan aneka barang keperluan kemah, menyiapkan kayu untuk api unggun, mencari air, memasak, membutuhkan energi sehingga membuat Anda jadi lebih aktif.

Berjalan, mendaki, atau lari pelan-pelan juga merupakan jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko masalah jantung.

Para peneliti di University of Michigan menemukan bahwa hanya beberapa menit berjalan di alam dapat mengurangi gejala depresi, terutama bagi orang yang hidup di perkotaan.

Penelitian dari Stanford University juga menyatakan bahwa menghabiskan waktu di luar dapat membantu mengurangi pikiran negatif dan obsesif yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan mental.

Berada di luar ruangan juga akan membuat tubuh mendapatkan asupan vitamin sejumlah besar sinar matahari, dan itu berarti banyak vitamin. Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, dua mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Berkemah juga dapat mengatasi sakit punggung, ketegangan di mata, nyeri otot, dan sakit kepala. Hal ini karena beraktivitas di luar ruangan memungkinkan tubuh untuk memulihkan diri dan mendapatkan kembali energi yang hilang.

Menikmati kegiatan di luar ruangan juga telah terbukti secara alami meningkatkan tingkat serotonin tubuh kita, sehingga mengurangi perasaan stres dan sangat meningkatkan suasana hati.

Berkemah dapat memberikan perasaan tenang, menghargai hal-hal sederhana dalam hidup, dan memiliki pandangan yang baik.(wartakesehatan/redws)