by

Pesan Moral “Lapangnya Dada”

WARTASULSEL.NET, – Setiap orang pasti pernah bertenu dengan masalah dalam hidupnya. Tentu ada yang berlangsung lama dan berat namun ada juga yang ringan. Para ulama mengatakan apabila ada orang yang hidupnya tenang dan tentram selamanya maka dipertanyakan imannya. Orang beriman pasti diuji dengan masalah. Namun, Allah akan mencabut masalah itu sehingga dada kita akan terasa lapang.

Banyak orang yang tampil prima dalam menghadapi masalah yang mereka hadapi. Mereka menjadi pejuang yang tidak kenal lelah. Mereka bersabar dan banyak bertawakal kepada kekuasaan Allah. Mereka bersangka baik kepada Allah dengan ujian yang berat sekalipun. Ibadah mereka terus meningkat dan bertambah dekat kepada Allah.

Allah memang berjanji akan melapangkan dada orang yang telah berbuat baik dan terus bekerja keras dalam kebaikan. Setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan. Hanya kadang tidak sedikit manusia kurang dapat menerima kesulitan. Mereka banyak mengeluh bahkan mencari solusi lain yang malah jauh dari Allah.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Fa innama’al ‘usri yusraa, innama’al ‘usri yusraa. Faidzaa faraghta fanshab, wailaa rabbika farghab (QS Al-Insyiraa 94:5-8). Artinya: Maka sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan, sungguh setelah kesulitan itu ada kemudahan. Maka setelah menyelesaikan suatu urusan, tetaplah bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya. Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

CARILAH KELAPANGAN DADA DENGAN TERUS BEKERJA KERAS DAN BERHARAP HANYA KEPADA-NYA.(VeniH).