by

Kasihan, 1 Rumah Roboh Dan 3 Terancam Di Terjang Ombak Laut Galesong

WARTASULSEL.NET, – Rumah Nelayan Di pesisir pantai Galesong di Desa Pa’lalakkang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar ambruk dihantam ombak perairan Galesong, senin dini hari tadi 22/1/2018. Empat rumah nelayan tersebut terancam ambruk secara keseluruhan.

Berdasarkan keterangan yang diambil langsung dilokasi oleh tim media wartasulsel.net, kondisi sudah tiga hari lalu termasuk hari ini, kondisi rumah warga makin parah pada dini hari tadi.

Foto : Salah satu pemilik rumah menumpuk karung berisikan pasir untuk menghalau sementara terjangan ombak dibelakang rumahnya.

Satu unit rumah nelayan Agus Daeng Situju harus kehilangan area dapur dan area jambannya karena terjangan ombak besar di pesisir pantai Galesong.

Sementara 3 (tiga) rumah lainnya yakni Herman Daeng Bantang, Hj.Senga, dan Hj. Sangnging terancam roboh dengan buruknya cuaca dan ekstrimnya kondisi ombak di perairan Galesong ini.

Foto : Kondisi rumah lainnya yang terancam kena hantaman ombak susulan di Perairan Desa Pa’lalakkang Kecamatan Galesong, Takalar

Salah satu pemilik Rumah Daeng Bantang pun melihat kondisi rumahnya yang sedikit lagi juga akan terkena hempasan ombak, mengambil jalan alternatif dengan mengumpulkan batu-batu dan karung diisi dengan pasir dan ditumpuk.

“Tinggal ini kasihan yang bisa kami lakukan untuk halangi itu terjangan ombaknya, kami berharap ada perhatian dari pihak terkait untuk bantu kami minimal dipasangi batu-batu berukuran besar dibelakang rumah kami agar bisa halangi ombaknya sementara”, ungkap Daeng Bantang penuh harap ke tim media wartasulsel.

Kondisi rumah ini cukup memprihatinkan, “Mungkin inimi barangkali akibat dari penambangan pasir laut beberapa waktu lalu di perairan Galesong, sudah ada tanggul penahan ombak dekat sini, tapi belum sampai pembangunannya ke belakang rumah kami,”terang Ika warga tetangga Daeng Situju.

Meski demikian, dari hasil penelusuran wartasulsel, tidak ada korban jiwa dalam musibah robohnya rumah ini, dan sementara pemilik rumah masih menempati rumahnya walau masih ada rasa was-was dengan kondisi cuaca yang masih potensi dibulan ini.(laporan tim wartasulsel).