by

Pesan 1 Jumadil Awal 1439 H : “Pelita Malam”

 

WARTASULSEL.NET, – Kita mengenal beberapa ulama besar yang menulis puluhan bahkan ratusan buku dalam hidupnya. Mereka tidak berhenti menulis untuk memberikan ilmunya kepada orang lain. Dengan keterbatasan fasilitas yang mereka miliki mereka setiap hari bisa menghasilkan ratusan lembar. Mereka menulis di seperdua malam hanya ditemani sebuah pelita. Dikatakan bahwa pelita yang menemani mereka bersambung dengan cahaya matahari di pagi hari.

Ilmu yang diwariskan para ulama itulah yang masih kita pelajari sampai hari ini dan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Ribuan buku mereka seolah tetap bersinar di tengah-tengah deretan buku yang ditulis generasi abad ini. Tidak ada yang mengingkari bahwa hanya dengan sebuah tulisan kadang ada keajaiban yang terungkap.

Allah sangat menganjurkan hamba-Nya untuk belajar dan mengajarkan ilmunya. Jutaan saintis dan professor di dunia saat ini memang belum bisa dibandingkan karya para ulama di zaman dulu. Teknologi yang semakin canggih saat ini seharusnya memacu kita untuk menghasilkan karya terbaik dan diterbitkan di jurnal internasional yang terindeks dan bereputasi tinggi.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum wa laa yukhiituuna bi sya’in min ilmihii illaa bi maasyaa’ (QS Al-Baqarah 2:255). Artinya: Dia (Allah) mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka dan tidak ada yang mengetahui sesuatu tentang ilmu-Nya melainkan atas izin-Nya.

AKTIFKANLAH PELITA MALAM UNTUK MENGHASILKAN KARYA TERBAIKMU.(VENI.HADJU)