Target Tahun 2018, Pemkab Takalar Harap Raih UHC BPJS

Ekonomi211 views

Takalar,WARTASULSEL.NET, – Tujuan pencapaian target Universal Health Converage (UHC) atau semua penduduk takalar terdaftar sebagai peserta BPJS), BPJS Takalar kerjasama Pemkab Takalar selenggarakan Forum komunikasi Kabupaten Takalar dengan Pemda Takalar di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III kantor Bupati Takalar. Hari ini, (18/1/2018).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg.Se’re,S.Sos dihadiri Sekda Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah,M.Si, Asisten III Setda. Takalar H. Basri Sulaiman,SE.MM dan serta beberapa Kepala dinas terkait yaitu Kadis kesehatan, kadis sosial, kadis kependudukan, kadis Balitbang, kepala BPKD, dan kabag. Kesra Setda. Kabupaten Takalar.

Daeng Manye

Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg.Se’re,S.Sos pada kesempatan itu, menyampaikan bahwa Pemda sangat mendukung dan mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini. Beliau mengatakan, Pemda akan memaksimalkan untuk meraih target sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai dan menghimbau kepada dinas terkait agar data kependudukan dapat valid dengan data dari BPJS.

Sekda Takalar mengawali forum komunikasi Kabupaten Takalar Tahun 2018 dihadapan Wakil Bupati dan para peserta rapat serta menjelaskan bahwa forum ini dilaksanakan untuk membahas berbagai hal terkait dengan issu-issu yang terkait dengan BPJS.

Kemudian sambungnya forum ini dilaksanakan Tiap triwulan untuk mengevaluasi perkembangan pelaksanaan BPJS di Takalar. Diharapkan kab. Takalar di 2018 bisa mencapai UHC karena sebagian besar BPJS masyarakat dibayarkan pemda Takalar dan sekarang sudah tercapai 88%.

Dalam mencapai target, Pemda Takalar akan menyusun rencana aksi yang real dan ditambahkan bahwa yang tidak kalah pentingnya bagaimana peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. Diharapkan melalui forum ini lebih fokus untuk meraih UHC.

drg.Unting patri W P,MM.AAK selaku kepala BPJS Kesehatan KCU Makassar menyampaikan bahwa forum komunikasi ini dilakukan setiap triwulan dilaksanakan membahas tentang perluasan peserta karena capaiannya sudah sangat baik yakni mencapai 88% dan hampir mencapai target yaitu hingga 96%, jelasnya.

Jikalau Takalar capai target, maka akan mendapatkan penghargaan UHC dimana rencananya penghargaan UHC akan diselenggarakan pada minggu pertama februari 2018 di Istana Negara Presiden RI dengan menghadirkan kepala daerah yang telah mencapai komitmen UHC di tahun 2018.

Maka harapan itu ada dan saat ini BPJS KCU kesehatan KCU Makassar berharap data dari pusat selaras dengan data di indukcapil Takalar karena Takalar sudah hampir mencapai UHC. (*)