by

Messi Termasuk Kuartet Barcelona Seharga Rp27,2 Triliun

WARTASULSEL.NET, – Kedatangan Philippe Coutinho ke Barcelona membuat klub asal Katalonia itu memiliki kuartet paling mahal di dunia. Barcelona melindungi empat pemain bintang mereka, Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele, dan Coutinho dengan harga selangit.

Barcelona memboyong Coutinho dari Liverpool dengan transfer €160 juta. Jumlah itu rekor pembelian pemain yahng dilakukan sepanjang sejarah Barcelona.

Kehadiran Coutinho juga menambah daftar pemain mahal di Barcelona. Sebelumnya, Barcelona merekrut Ousmane Dembele dengan transfer €145 juta dan Luis Suarez dengan harga €82,3 juta. Ditambah Messi, maka Barcelona punya kuartet termahal di dunia saat ini.

CIES Football Observatory, awal pekan ini, mengeluarkan laporan nilai jual pesepakbola di Eropa. Dalam laporan itu nilai jual kuartet Barcelona itu mencapai €550 juta atau setara Rp8,8 triliun.

Philippe Coutinho menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Barcelona.Philippe Coutinho menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Barcelona. (REUTERS/Albert Gea)

Nilai jual Messi ditaksir €202,2 juta, Suarez €128,7 juta, Coutinho €123 juta, dan Dembele dinilai €96 juta. Tapi, nilai jual kuartet Barcelona itu lebih dari €550 juta, setidaknya dari nilai klausul pelepasan kontrak yang dimiliki keempat pemain tersebut.

Barcelona menaruh €700 juta dalam klausul pelepasan kontrak Messi, Dembele dan Coutinho dibanderol €400 juta dan Suarez memiliki klausul pelepasan €200 juta. Dengan demikian nilai keempatnya mencapai €1,7 miliar atau Rp27,2 triliun.

Ousmane Dembele dibeli Barcelona dari Borussia Dortmund.Ousmane Dembele dibeli Barcelona dari Borussia Dortmund. (REUTERS/Paul Hanna)

Pihak Barcelona mematok klausul pelepasan kontrak cukup besar klub yang ingin merekrut Messi, Dembele, dan Coutinho berkaca dari kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain tahun lalu. Ketika itu PSG memutuskan untuk membayar klausul pelepasan kontrak Neymar dengan Barcelona yang bernilai €222 juta.

“Luar biasa mengetahui saya akan main bersama pemain-pemain idola yang memiliki sejarah. Pesepakbola seperti Messi, Suarez, [Andres] Iniesta, [Gerard] Pique, [Sergio] Busquets. Saya sangat senang bisa hidup bersama, bisa mendapat pelajaran dari mereka dan merasakan kemenangan bersama,” ujar Coutinho kepada Barca TV. (*)