by

Pesan 8 Rabbi’ul Akhir 1439H : “Mengertilah”

WARTASULSEL.NET, – Dalam salah satu nasehat perkawinan, penceramahnya mengangkat topik “mengertilah.”  Sesuatu yang sangat sederhana dan sering luput dari perhatian kita. Kadang terjadi perpecahan dalam rumah tangga karena salah satu pasangan yang tidak mau mengerti.

Suami tidak mau mengerti apa yang dibutuhkan istrinya atau sebaliknya istri yang tidak mau mengerti keinginan suaminya. Lebih bahaya lagi kalau kedua saling tidak mau mengerti.

Rasulullah menganjurkan kita untuk menjaga bau makanan dari dapur kita agar tidak tercium tetangga. Dikatakan berdosa kalau ada orang yang tercium bau masakannya namun dia tidak membaginya. Ada juga anjuran untuk memperbanyak kuahnya agar masakannya bisa dibagi-bagi ke tetangga.  Inilah ajaran mulia dalam agama ini agar kita mau “mengerti” tentang orang lain.

Allah menegaskan dalam Kitab-Nya tentang perlunya kita saling mengerti dalam hidup ini. Ada mungkin saudara kita, kerabat kita, atau tetangga kita yang sangat membutuhkan bantuan dari kita tapi mereka tidak berani menyampaikannya. Ada juga yang butuh pertolongan tapi malu untuk memberitahu kita. Hati orang-orang beriman pasti dapat merasakan itu. Inilah saatnya kita harus mau mengerti.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wa immaa tu’ridhunna ‘anhumub tighaa arahmatim mirrabbika tarjuuhaa faqullahum qaulam maisuuraa (QS Al Israa 17:28). Artinya: Dan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang lemah lembut.

MENGERTILAH KALAU SESEORANG MENGINGINKAN SESUATU DARIMU.(Veni.H)