Lovely Desember Lestarikan Budaya Toraja

Ragam593 views

WARTASULSEL.NET, TORAJA UTARA, – Karnaval budaya dan kontes kerbau menjadi salah satu ikon event Lovely Desember. Acara ini dihadiri langsung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara, Kamis (28/12).

Kontes adu kerbau diikuti dari berbagai wilayah di Toraja. Diharapkan, kontes kerbau ini bukan hanya pemanis, namun menjadi penguat momentum Lovely Desember.

Daeng Manye

Kerbau sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Toraja, dan hadir dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat.

Syahrul Yasin Limpo menyatakan, hadirnya Lovely Desember adalah bagian bentuk rasa syukur pada Tuhan terhadap alam yang diberikan. Sehingga, kegiatan ini merupakan momen akumulasi perjalanan wisata selama setahun.

BACA JUGA: Pohon Natal Bambu di Torut Pecahkan Rekor MURI

“Akumulasi perjalanan pariwisata selama setahun dimana potensi wisata terkait religi dan Tahun Baru. Ini juga untuk melestarikan budaya Toraja,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Menurutnya, budaya Toraja begitu hebat. Salah satunya, upacara pemakaman yang tidak terdapat di daerah lain.

Ia juga berharap agar bandara Buntu Kuni cepat selesai untuk mendukung berbagai aktivitas masyarakat, khususnya untuk pariwisata.

“Kita berharap tahun 2018 akhir run way bandara tersebut yang dapat dilalui pesawat Boeing bisa hadir,” sebutnya.

Sementara, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, mengatakan, kegiatan Lovely Desember mampu mendatangkan wisatawan yang besar di tahun 2017. Terbukti, sejak lima bulan lalu hotel-hotel telah penuh di pesan.

“Ini karena banyaknya variasi kegiatan yang dihadirkan. Selain itu, terdapat 387 objek wisata dikembangkan,” ungkapnya.

Tahun 2016 lalu, sebanyak 61 ribu orang wisatawan asing ke Toraja dan 93 ribu orang wisatawan lokal.

Sebagai rangkaian Lovely Desember, untuk seni dan budaya ditampilkan To Tominaa, Ma’lambuk dan marching band. Sedangkan untuk karnaval diantaranya, To Manimbang, Ondoan Tanduk, To Ma’dadan, Sila’pa’ dan Ondo Samalele. (red)