by

Pesan Religi Hari Ini : “PENOLONG UTAMA”

WARTASULSEL.NET, – Dalam salah satu hadist dikatakan bahwa penolong utama seseorang di alam kubur adalah Al-Quran. Bagi yang sering bersama Al-Qur’an maka Al-Qur’an akan menjadi penerang dan penenang di alam sana.

Alam kubur yang gelap gulita akan dipenuhi oleh cahaya yang gemerlapan. Al-Qur’an akan berwujud berupa seorang yang tampan dan akan berkata: “Aku adalah Al-Qur’an yang engkau baca setiap hari.”

Saat ini kita bersyukur karena semakin banyak orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan setiap hari. Ada juga yang rajin mengkajinya dan mencoba memahaminya dalam satu majelis ilmu.

Ada juga yang berusaha menghapalnya. Saya pernah bertemu di salah satu Rumah Qur’an di Jakarta, seorang santri asal Kalimantan yang berunur 62 tahun yang sedang berusaha menghapal Al-Qur’an, Luar biasa semangatnya.

Walaupun target tiga tahun itu terasa lama tapi beliau ingin menjalaninya dengan baik.

Allah telah menegaskan dalam Kitab-Nya bahwa Al-Qur’an itu telah dimudahkan bagi siapa yang mau mengingatnya atau menghapalnya.

Sayang sekali masih saja banyak yang belum yakin dengan keagungan Al-Qur’an. Tidak sedikit yang menyepelekannya.

Mereka masih merasa berat membacanya. Mereka belum tertarik menjadikannya sebagai teman setia yang akan menjadi petunjuk dalam perjalanan hidup di muka bumi ini.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: walaqad yassarnal quraana lidzdzikri fahal mimmuddakir (QS Al-Qamar 54:17). Artinya: Dan Kami telah mudahkan Al-Qur’an ini untuk peringatan maka apakah ada yang mau mengambil pelajaran?

JADIKANLAH AL-QURAN SEBAGAI PENOLONG YANG AKAN MENERANGI ALAM KUBURMU KELAK.(Veni. H)

(*redaksi ws).