Wagub Sulsel Dorong Tingkatkan Bentuk Kerjasama Sulsel-Jepang

Sosbud179 views

WARTASULSEL.NET, – Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, mendorong peningkatan kerjasama antara daerahnya dengan Jepang. Hubungan harmonis yang terjalin sejak lama mesti dijaga dan diperluas dalam berbagai sektor. Muaranya, untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Semua sektor agar dapat ditingkatkan kerjasamanya antara Sulsel dengan Jepang, kata Agung, di sela resepsi Hari Kelahiran Sri Baginda Kaisar Jepang di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, belum lama ini yang dilansir wartaekonomi.

Daeng Manye

Setelah hadirnya Kantor Konsuler Jenderal atau Konjeng Jepang di Kota Makassar. Keberadaan kantor perwakilan Negeri Bunga Sakura itu sangat membantu hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia, khususnya Sulsel. Dan ini sudah lama terjalin hubungan baik itu, pungkasnya Wagub Sulsel.

Tambahnya lagi, bahwa kemajuan Sulsel tidak lepas dari kontribusi hasil kerjasama ekonomi dengan Jepang. Jepang ikut membawa dampak positif untuk kemajuan daerahnya. Dan itu terlihat dari beberapa komoditas andalan Sulsel memang sangat laku di pasaran Negeri Nippon.

Dengan hadirnya Kantor Perwakilan Pemerintah Jepang di Makassar, utamanya hasil laut yakni udang, kepiting dan cumi-cumi, serta banyak lagi hasil lainnya, ini sangat membantu pengusaha lokal dalam mengekspor hasil bumi. Banyak sudah yang diekspor, jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Konjen Jepang, Miyakawa Karsutoshi, mengatakan hubungan Jepang dan Sulsel memang telah lama terikat. Bahkan, banyak warga Jepang yang disebutnya bermukim di Sulsel sejak lama. “Tahun 1918, tepatnya 99 tahun lalu telah terbentuk Asosiasi Keluarga Jepang Makassar,” tutupnya.(wartaekonomi/red ws).