by

Potensi Wakaf Bisa Bantu Sejahterakan Rakyat Pertahun

Nasional, WARTASULSEL. NET, – Direktur Utama Organisasi Kemanusiaan Dompet Duhafa Imam Rulyawan Potensi mengatakan wakaf uang di Indonesia mencapai Rp120 miliar per tahun. (18/12/2017).

Asumsinya, 100 juta Umat Islam dari kalangan orang yang mampu memberikan Rp.10 ribu per bulan, maka dalam satu bulan akan terkumpul Rp10 miliar sehingga setahun bisa terkumpul Rp120 miliar,” ujar Imam.

Hal itu ditegaskan Imam saat peluncuran Program Satu Juta Wakif, yang bertujuan untuk menyediakan sumber pembayaran alternatif dalam rangka mendukung perekonomian Indonesia.

Wakaf merupakan salah satu ibadah dalam Islam dalam bentuk memberikan harta benda kepada orang-orang tak mampu.

Secara istiah, wakaf adalah menahan barang yang dimiliki tetapi menyerahkan manfaat benda tersebut untuk kepentingan orang lain. Sedangkan “wakif” adalah pihak yang memberikan harta wakaf tersebut.

Gerakan Satu Juta Wakif bertujuan mewujudkan pengelolaan wakaf dalam bentuk pembangunan sarana umum seperti rumah sakit dan sekolah.

“Bahkan dana wakaf bisa dikelola untuk saran produktif yang dapat membantu ekonomi masyarakat seperti membangun hotel, pasar, lahan pertanian, ruko, dan lainnya dalam rangka menyejahterakan masyarakat,” ujar dia.(wartaekonomi/red ws).

Penulis : redaksi ws

Photo : detikcom

Editor : Desi