by

Pesan Menyambut 12 Rabbi’ul Awal 1439H : “WAJAH BERSERI”

WARTASULSEL.NET, – Apabila Anda ingin mengenal seseorang itu baik atau tidak dalam hitungan menit apa yang menjadi penilaian pertama? Wajah. Betul, itulah jawabannya. Mereka yang kelihatan tersenyum dan tampak berseri-seri akan terkesan orang baik.

Itulah sebabnya kita perlu menjaga wajah kita agar senantiasa tampak tersenyum saat bersama orang lain atau ketemu seseorang.

Wajah yang berseri hanyalah satu dari akhlak yang bisa membuat orang lain akan respek kepada kita. Penampilan kita, kerapihan pakaian yang kita gunakan, kebersihan diri kita, kesesuaian warna pakaian kita, akan selalu menjadi penilaian pertama.

Itulah sebabnya Rasulullah menegur seorang sahabat yang menggunakan pakaian yang lusuh dan bertambal.

Karena penampilan kita juga adalah wujud rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

Allah mengutus rasul-Nya untuk memperbaiki akhlak manusia. Akhlak nabi kita Muhammad SAW adalah Al-Qur’an itu sendiri.

Dalam Al-Qur’an begitu banyak ayat yang mengatur pola kehidupan kita antar sesama manusia. Begitupun akhlak kita terhadap makhluk Allah lainnya seperti binatang dan tumbuhan.

Bahkan terhadap barang mati sekalipun kita tidak boleh memperlakukan sekehendak hati kita.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Laqad kaana lakum fii rasulillaahi uswatun hasanatul limankaana yarjullaaha walyaumal aakhira wadzakarallaaha katsiiraa (QS Al-Ahzab 33:21). Artinya: Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

TAMPAKKAN WAJAHMU YANG BERSERI-SERI SETIAP BERTEMU DENGAN SAUDARA-SAUDARAMU.(*red ws/Veni.H)