by

DKP Sulsel Pacu Daya Saing Lewat Workshop Manajemen Usaha Bagi UMKM Perikanan

WARTASULSEL.NET, – Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan terus memacu daya saing usaha pelaku umkm perikanan di Sulsel. Dalam rangka hal tersebut, DKP Sulsel menggelar Workshop Manajemen Usaha Perikanan,Kamis-Sabtu,30 Nopember sd 2 Desember 2017 di Hotel Grand Town Makassar.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 46 orang peserta berasal dari pendamping dan pelaku usaha perikanan dari Kab/Kota di Sulsel.

Adapun fasilitator pelatihan berasal dari pengurus Akumandiri Sulsel,PLUT KUMKM Sulsel dan ABDSI Sulsel.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Sulkaf F Latif mengatakan,UMKM dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu hasil produknya namun juga meningkatkan manajemen usahanya.

Foto : Tampak suasana Workshop manajemen usaha perikanan

“Banyak pengusaha kecil kurang menerapkan manajemen dalam usahanya dan semuanya masih dikerjakan sendiri, mulai dari proses produksi, pemasaran, sumber daya manusia (SDM) hingga masalah manajemen keuangan,” katanya.

Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan materi antara lain motivasi kewirausahaan,Business Model Usaha Perikanan,Manajemen Keuangan UMKM,Penyusunan Business Plan,Inovasi dll.

Ketua Akumandiri Sulsel,Bahtiar Baso mengatakan,UMKM diharapkan menata kembali manajemen usaha UMKM maupun mengembangkan produknya yang berdaya saing sehingga laku di pasar.

“Perlu sinergi berbagai pihak dalam membina dan mengembangkan UMKM perikanan,baik dalam hal pemasaran, manajemen, permodalan, peningkatan mutu produk sampai pemanfaatan IT, tandasnya.(*red ws).