by

Tahap Keempat, Penyaluran Dana PKH Di Takalar Hampir Capai 2,5 Miliar

WARTASULSEL.NET, – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.(29/11/2017).

Dalam istilah internasional dikenal dengan Conditional Cash Transfers (CCT). Adapun tujuan PKH adalah
meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Kemudian mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antar kelompok.

Program Keluarga Harapan (PKH) masuk di kabupaten Takalar sejak tahun 2013 sampai sekarang telah berjalan 4 tahun, jumlah penerima tahun 2013 sebanyak 3628 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Seiring berjalannya program telah terjadi perluasan/penambahan jumlah KPM yaitu pada tahun 2016, bertambah sebanyak 2825 KPM, sehingga total KPM bansos PKH untuk tahap 4 tahun 2017 sebanyak 6240 KPM.

Ini disebabkan karena PKH adalah pemberian bantuan bersyarat sehingga setiap tiga bulan sekali dilakukan pemutakhiran data dan verifikasi komitmen kehadiran anak peserta PKH pada layanan pendidikan dan layanan kesehatan.

Sehingga jumlah penerima manfaat setiap tahapnya sering berubah, adapun sebab perubahan jumlah KPM yaitu tidak memiliki komponen kesehatan, pendidikan dan kesahteraan sosial dalam keluarga tersebut, komponen pendidikan meliputi anak sekolah SD,SMP dan SMA.

Sedangkan komponen kesehatan meliputi Ibu hamil, balita dan anak pra sekolah (APRAS), serta komponen kesos meliputi lanjut usia dan penyandang disabilitas berat.

Penyebab lain adanya perpindahan alamat tempat tinggal baik yang keluar dari daerah kabupaten Takalar maupun yang masuk menjadi warga kabupaten takalar.

Setiap selesai dilakukan pemutakhiran data dan verifikasi komitmen hasilnya dikirim ke kementerian sosial dalam hal ini pelaksana PKH pusat, sebagai dasar untuk dilakukan pembayaran.

KPM PKH yang memenuhi kewajibannya akan mendapatkan hak sesuai ketentuan program.
KPM PKH yang tidak memenuhi kewajiban dikenakan penangguhan dan/atau penghentian bantuan.

Dalam hal penyaluran bantuan PKH pemerintah menunjuk bank pemerintah, sedangkan di Kabupaten Takalar bank yang ditunjuk adalah Bank Mandiri.

Untuk tahap 4 tahun 2017 (bulan nopember) sementara berjalan penyaluran bantuannya disetiap kecamatan yang dimulai pada tanggal 27 nopember – 7 desember 2017 dengan jumlah penerima 6.240 KPM dengan total dana Rp. 2.446.140.000.

Saya sebagai Koordinator PKH Kabupaten Takalar mengharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk membantu mengawasi pelaksanaan program dilapangan, agar bantuan tepat sasaran sehingga tujuan pemerintah bisa tercapai dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, tutup Amrin, S.Sos selaku Koordinator Kabupaten di Takalar. (*red ws).