by

Ini Enam Harapan Ketua APPSI, Port Makassar Sebagai Entry Point KTI

WARTASULSEL.NET, SURABAYA – Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Periode 2015-2019 Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan harapannya pada Workshop APPSI di Hall A & B Hotel Shangril-La, Surabaya – Jawa Timur, Selasa (21/11).

SYL yang juga merupakan Gubernur Sulsel ini menyampaikan enam harapan yang bisa dicapai dalam workshop ini.

Pertama, merumuskan langkah-langkah untuk menghindari terjadinya persinggahan barang di beberapa pelabuhan sebelum ketujuan akhir (mengurangi high cost).

“Kita juga berharap ini dapat mengurangi disparitas harga bahan pokok dan hadir upaya strategis antara kawasan barat dan kawasan timur guna menjaga inflasi daerah,” kata Syahrul YL.

Ketiga, pemerintah daerah mampu mengembangkan sistem pendataan produk unggulan daerah yang berisikan jenis, dan waktu serta ketersediaan dari komoditas daerah.

SYL kemudian menambahkan, pengembangkan kerjasama perdagangan antar daerah yang berbasis elektronik yang mampu mendeteksi dengan dini informasi tentang posisi produk unggulan setiap daerah.

Penguatan peranan Port Makassar juga dia sampaikan, “Optimalisasi pemanfaatan Port Makassar sebagai entry point untuk perdagangan di kawasan timur Indonesia dan tujuan ekspor,” harapnya.

Menurutnya, pengembangan produk industri kecil menengah (IKM) daerah menjadi sangat penting. IKM sebagai pelaku ekonomi memerlukan perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Ini mengingat sektor IKM ini sangat berkontribusi terhadap daerah,” ungkapnya. (*red)