Waspada, Ini Penyebab Rambut Suka Rontok

Kesehatan154 views

WARTASULSEL.NET, – Rambut rontok adalah masalah yang sering dianggap akibat dari perawatan rambut yang tidak tepat. Padahal rambut rontok ternyata bukan hanya disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan rambut. Namun ada beberapa penyebab lainnya yang sering tidak sadari oleh sebagian orang.

Beberapa penyebab rambut rontok yang seringkali tidak disadari adalah:

Daeng Manye

Stres

Kesibukan sehari-hari dengan segala permasalahannya, dapat membuat seseorang merasa stres. Stres dapat meningkatkan kadar testosteron, yang dapat memengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Rambut rontok merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh stres.

Kehamilan

Di masa kehamilan hingga setelah melahirkan adalah masa-masa di mana seorang wanita rentan untuk mengalami kerontokan rambut. Bahkan 50 persen wanita mengalami rambut rontok setelah melahirkan. Hal ini terjadi akibat adanya ketidakseimbangan hormon.

Anemia

Saat terjadi anemia, tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup, yang dapat mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke rambut Anda. Kondisi itulah yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Bila Anda memiliki riwayat anemia, sebaiknya Anda berusaha untuk mengatasinya agar dapat terbebas dari rambut rontok.

Ikat Rambut

Mengikat rambut mungkin dapat mendukung penampilan Anda. Namun mengikat rambut terlalu kuat, dapat menyebabkan rambut Anda rontok. Hindari untuk mengikat rambut terlalu kuat, dan lepaslah ikatan rambut Anda sesegera mungkin.

Hair Dryer

Sering menggunakan hair dryer atau alat catok juga dapat membuat rambut Anda rontok. Suhu panas pada alat-alat tersebutlah yang menjadi penyebabnya. Anda sebaiknya membatasi penggunaannya, agar rambut tetap tumbuh dengan sehat.(*wartakesehatan/red ws).