by

SYL dan IYL Buka Festival Pelajar Sulsel 2017

WARTASULSEL.NET, MAKASSAR – Gubernur Sualwesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) membuka Festival Pelajar Sulsel 2017 di pelataran Mall Phinisi Point Jalan Metro Tanjung Bunga, Makasssar, Selasa (14/11).

SYL bersama Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo membuka acara ini dengan melakukan penekanan tombol sirene.

Sebanyak 3.794 pelajar se-Sulawesi Selatan memeriahkan festival ini. Kegiatan yang akan berlangsung hingga 16 November ini diikuti para peserta yang terdiri dari pelajar SMA/MA 1.416 orang, SMK 1.178 orang, SMP/MTs 624 orang, dan SD/MI 408.

Gubernur Sulsel SYL menyebutkan bahwa kagiatan festival penting untuk dilaksanakan, “Kenapa? karena dengan festival dan pendidikan kita ingin melihat bangsa dan negara ini lebih maju, modern bahkan mampu menghadapi tantangan yang ada sesuai eranya,” sebut Syahrul YL.

SYL meminta agar setiap insan dunia pendidikan harus mengambil peran untuk menciptakan dunia pendidikan lebih baik.

Selain itu, SYL berharap agar dunia pendidikan di Sulsel menghadirkan lokal jenius Sulsel, yang mampu melahirkan generasi pintar, cerdas tetapi juga memiliki karakter.

“Dari pendidikan di Sulsel, lahir anak-anak Bugis Makassar yang tidak hanya pintar dan cerdas tetapi berkarakter. Bugis Makassar bukan dalam artian cuma lahir di sini tetapi yang tinggal di Sulsel” kata Syahrul YL.

Dijelaskan olehnya banyak tokoh dunia merupakan keturunan Bugis-Makassar atau asal Sulsel lahir sebagai tokoh-tokoh dunia, diantaranya Napoleon Bonaparte, Syekh Yusuf dan sejumlah perdana menteri Malaysia.

“Syekh Yusuf paling dihormati di Afrika Selatan, Nelson Mandela datang berziarah minimal satu kali setahun. Perdana menteri Malaysia, mulai dari Tun Razak hingga saat ini Najib adalah keturunan Bugis-Makassar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel berharap semoga festival ini dapat berkembang dan menjadi momentum berkumpulnya pelajar se-Sulsel.

“Festival ini menjadi momentum pelajar berkumpul dan bergembira bersama serta mengimplementasikan pelajaran di sekolah, serta berkompetisi secara sportif,” harapnya. (*red)