by

Pemprov Serahkan Penghargaan Kesehatan

WARTASULSEL.NET, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan pada momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota, perusahaan, dan tokoh yang berjasa di bidang kesehatan.

Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di Pelataran Jendral M. Yusuf Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin pagi (13/11).

Para penerima penghargaan ini merupakan usulan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan kepada Gubernur Sulsel.

Panitia Bidang Penghargaan HKN ke-53 Provinsi Sulsel Drs. Haryamin, Apt, M.Mes mengatakan untuk kategori penghargaan, sejumlah kriteria diperlombakan seperti Puskesmas berprestasi dan tenaga kesehatan teladan.

“Untuk perusahaan penerima penghargaan dilakukan survey oleh Balai Kesehatan Kerja Masyarakat Sulsel,” kata Haryamin.

Untuk kategori Universal Health Coverage Paripurna 100 persen tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan Tahun 2017 atau yang memberikan pelayanan dasar terbaik diraih Kabupaten Luwu Timur.

“Ini karena pelayanan paripurna dari Luwu Timur sudah 100 persen, artinya warga mereka sudah 100 persen sudah masuk BPJS kesehatan,” ungkapnya.

Sedangkan pada kategori yang sama, yaitu Kabupaten Barru (93,82 persen), Kota Palopo (86,47 persen), Kabupaten Takalar (84,63 persen), Kabupaten Selayar (83,62 persen), Kabupaten Luwu (82,85 persen), dan Kabupaten Tana Toraja (82,19).

Kategori Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Terbaik Tingkat Provinsi Sulsel diraih oleh Kabupaten Gowa, Kabupaten Luwu Utara, Kabupeten Bantaeng, Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Jeneponto.

Pemerintah Kabupaten Jeneponto juga meraih penghargaan sebagai Kabupetan Terbaik dalam Pengembangan Kesehatan Tradisional Tingkat Sulsel tahun 2017.

Pemerintah Kota Parepare meraih dua penghargaan yaitu, Keberhasilan Mewujudkan Kota Parepare sebagai ODF Pertama du Sulsel Tahun 2017 dan kategori Universal Health Coverage Paripurna Tahun 2017.

Sementara itu untuk insan peduli kesehatan diberikan pada Direktur Utama (Dirut) PT Maruki, Dirut PT Bina Mulya Pradana dan Dirut PT Indofood Tbk.

Direktur Utama Bank Sulselbar, Andi Muhammad Rahmat menerima penghargaan sebagai Motivator dan Donor Pelayanan Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan. (*red)