by

Pasca Unhas Belajar Perencanaan di Bappeda Parepare

WARTASULSEL.NET, PAREPARE — Mahasiswa Pascassarjana Program Perencanaan Pengembangan Wilayah (PPW) Universitas Hasanuddin melakukan studi perencanaan di Bappeda Parepare, Rabu (01/11).

Rombongan yang diketuai oleh Prof Dr. Slamet Trisutomo, M.ENG ini ingin melihat langsung perencanaan Kota Parepare.

“Kunjungan ini adalah kuliah lapangan yang merupakan bagian dari studi perencanaan program S2 PPW dengan konsentrasi pengembangan kepemudaan,” tutur dosen Fakultas Teknik Unhas ini.

Ia menerangkan, mahasiswa-mahasiswa yang berkunjung tersebut adalah mahasiswa penerima beasiswa program Beasiswa Kementerian Pemuda dan Olahraga. Porsi pembelajaran 80 persen perencanaan wilayah dan 20 persen pengembangan kepemudaan.

Slamet melanjutkan, fokus studi para mahasiswa didikannya ini untuk mengkaji sektor pemukiman, komersial, pariwisata, perkantoran dan transportasi.

“Parepare menjadi tujuan studi perencaan wilayah terutama karena kota ini menjadi salah satu titik pembangunan kereta api. Tentu, ke depannya akan terjadi pengembangan multi sektor sebagai dampak hadirnya stasiun kereta. Baik itu di bidang ekonomi (komersial), transportasi, permukiman dan sebagainya,” paparnya.

Sekretaris Bappeda Kota Parepare, EW. Ariyadi, ST, MT mengamini hal tersebut. Ariyadi mengatakan Parepare dalam perencanaan pembangunan kereta api sedang dalam pengembangan. Nantinya akan ada dua stasiun yaitu di wilayah Lumpue dan Soreang. Pastinya akan terjadi multi effect player dengan pengembangan stasiun-stasiun tersebut.

“Saat ini saja harga tanah yang menjadi jalur kereta sudah melonjak. Itu baru satu efek, tentu akan muncul efek-efek lain nantinya,” ungkapnya.

Ia juga mengenalkan kawasan permukiman, perkantoran, transportasi hingga bisnis kepada mahasiswa yang tengah menempuh kuliah semester tiga pascasarjana ini. Kawasan bisnis, katanya, berada pada beberapa titik yaitu di Jl Bau Massepe, Jl Hasanuddin Daeng Patompo serta Jl Lahalede.

Sementara itu kawasan permukiman baru berada di wilayah Kec. Bacukiki, di wilayah tersebut pusat adalah pengembangan perumahan, sedangkan perkantoran umumnya berada di Jl Jend Sudirman dan kawasan Lapangan Andi Makkasau. (*red)