by

Ini Yang Terjadi Jika Permen Karet Tertelan

WARTASULSEL.NET, – Pendapat yang beredar saat ini bahwa jika permen karet tertelan makan permen karet akan tertinggal di usus selama 7 tahun ternyata hanyalah mitos belaka.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh membiarkan anak-anak menelannya.

Menurut ahli pencernaan Dr Lisa Ganjhu dari Medical Centre NYU Langone di New York, permen karet memang dapat melewati sistem pencernaan dan akhirnya terbuang bersama dengan sisa makanan lainya, namun permen karet akan lebih sulit untuk dicerna.

Perbedaan permen karet dengan makanan lainnya yaitu permen karet tidak dapat tercerna sepenuhnya karena sifat kimianya dan juga tidak memiliki nutrisi untuk diserap ke dalam usus kecil.

Permen karet sendiri terbuat dari campuran bahan karet, pemanis, pewarna dan penyedap.

Walau umumnya akan terbuang layaknya sisa makanan lain, Dr Ganjhu menambahkan, permen karet sama sekali tidak ada nilai gizi, sehingga sebagian besar ahli di bidang kesehatan menyarankan untuk tidak menelan permen karet.

Selain itu, menelan permen karet dalam jumlah besar atau beberapa potongan kecil dalam waktu singkat akan menyebabkan sistem pencernaan tersumbat, khususnya pada anak-anak yang memiliki saluran pencernaan yang lebih kecil ketimbang orang dewasa, meskipun ini cukup langka.

“Permen karet memang tidak akan membunuh Anda, tetapi tidak logis untuk menelannya dengan sengaja. Jadi, jangan lakukan itu,” Dr Ganjhu memperingatkan. (Wartakesehatan.com/red ws)