by

Tidak Lulus Tes, Panwascam Jeneponto Didemo

WARTASULSEL.NET, JENEPONTO – Sejumlah calon Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam) yang dinyatakan gugur oleh Panwas Jeneponto, berunjuk rasa di kantor Panwaslu Jeneponto, Jalan lingkar Kecamatan Binamu Jeneponto, Rabu (4/10/2017) siang.

Unjuk rasa yang menamakan diri Forum Pemuda Kabupaten Jeneponto itu, terkait rekrutmen penerimaan calon Panwas tingkat kecamatan, yang dianggap tidak transparan dalam proses penilaian hasil ujian.

“Kami menganggap rekrutmen Panwas kecamatan telah terjadi kongkalikong dengan calon tertentu, karena tidak ada transparansi skor atau nilai hasil ujian tertulis yang harusnya diumumkan ke publik, agar kita tahu bersama,” jelas Dayat, demonstran.

Menurutnya, pengumuman hasil ujian tertulis yang diikuti oleh 220 calon Panwascam itu, sarat unsur keberpihakan kepada calon tertentu.

“Maka dari itu kami meminta agar Bawaslu Sulsel segera mengevaluasi kinerja Panwas Jeneponto yang tidak memenuhi asas keterbukaan, jujur, dan adil, terkhusus ketua Pokja penerimaan Panwascam, Sampara Halik,” tutur Dayat.

Divisi SDM dan Pokja Panwas Kabupaten Jeneponto, Sampara Halik mengatakan, bahwa hasil pengumuman itu sudah sesuai dengan prosedur dan tidak benar jika dikatakan tidak transparan, karena semua nilai peserta itu diseleksi oleh Panwas Provinsi, bukan Kabupaten.

“Jadi tidak ada yang namanya kongkalikong atau tidak transparan,” tukas Sampara. (Source: Rakyatku.com)