by

Penuhi Hak Dasar Kesehatan, Taufan Apresiasi Pencanangan Gerakan G1000G

WARTASULSEL.NET, – PAREPARE, Walikota Parepare DR.HM. Taufan Pawe, menyambut baik dan mengapresiasi pencanangan G1000G, di Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan serentak di Propinsi Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan Taufan Pawe, pada Kegiatan, yang di gelar bersamaan di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut.

Dia juga menambahkan, program kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan sangat paham mengenai tangguh jawab pemerintah dalam pola hidup sehat, dan juga sangat identik dengan kebijakan pemerintah kota dengan pelayanan dasar kesehatan masyarakat.

“Kita tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sejalan dengan program kami dalam bidang kesehatan,”kata dia.

Di Kota Parepare sendiri kegiatan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel itu, di gelar di Puskesmas Lapadde. ‎Senin (2/10/2017. Hampir seluruh pejabat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah kota hadir.

Kegiatan diawali ‎dengan sambutan serentak oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang disampaikan oleh Walikota Parepare, HM. Taufan Pawe.

Dalam sambutan itu, Taufan Pawe mengungkapkan, bahwa Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan itu, kata mantan praktisi hukum bergelar doktor terse‎but, bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian, maupun kecacatan.”Juga untuk menghindari terjadinya penurunan produktifitas. Menurunkan beban pembiayaan pelayanna kesehatan, serta perbaikan lingkungan dan perubahan prilaku kearah yang lebih sehat,”jelasnya.

Untuk itu dia berharap, Germas kemudian dapat ‎menjadi pelopor dalam upaya promotif dan preventif dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Dalam pencanangan tersebut, Beberapa kegiatan dalam G1000G dilaksanakan pemeriksaan cek kesehatan, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan kelainan kulit penderita kusta, kegiatan donor darah, senam kebugaran, dan berbagai kegiatan lainnya. (redaksi)