by

Perekonomian Meningkat, Parepare Dilirik Lembaga Perbankan

WARTASULSEL.NET, – PAREPARE, Perkembangan Kota Parepare semakin hari semakin terlihat, kota yang dulunya sebagai kota transit kini menjadi Kota tujuan. tidak hanya ramai dilirik oleh para investor, kantor perbankan juga mulai ramai-ramai merambah dan membuka cabang di Kota Habibie ini.

Tercatat untuk tahun 2017 ini, sebanyak 18 lembaga perbankan membuka cabang karena melihat potensi perekonomian yang bertumbuh dengan pesatnya di Kota Parepare.

Salah satu perbankan yang baru hadir di Kota Parepare yakni Bank Perkreditan Rakyat Hasamitra, yang memilih Kota Parepare untuk membuka anak Cabang perbankan yang diresmikan langsung oleh Walikota Parepare, Rabu (27/09)

Direktur Utama PT BPR Hasamitra, I Nyoman Supartha menjelaskan, Hasamitra hadir di Kota Parepare karena melihat potensi lembaga perbankan yang dapat berkembang pesat di Kota Parepare.

Supartha juga menjelaskan kehadiran BPR Hasamitra tidak terlepas dari keinginan Hasamitra untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan perekonomian dan mensejahterahkan masyarakat Kota Parepare.

Lembaga Otoritas Jasa Keuangan, Andi Muhammad Yusuf menjelaskan Parepare merupakan salah satu kota yang dilirik lembaga perbankan dikarenakan Parepare perbankan kontribusniya sudah dominan juga karena asetnya mencapai 5,7 triliun sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Parepare hanya 5.5 trilun.

“Kalau kita lihat produk yang disalurkan, tinggi berarti, kalau dibandingkan di sulsel hanya 30 persen tapi kalau di Parepare sampai 50 persen peningkatan PDRB. Jadi Parepare lebih tinggi dari Makassar,” Jelas Andi

Andi juga menjelaskan jumlah perbankan di Parepare sangat besar dan OJK juga mendorong semua lembaga ke daerah daerah yang memiliki potensi yang sangat baik termasuk Parepare.

Dengan perekonomian yang baik perbankan juga memberikan kontribusi disitu dan indicator juga berkontribusi disitu dan perbankan karena prinsip perbankan yang dianut itu adalah follor the train, kalau ada perekonomian, perbankan akan hadir disitu.

Sementara itu, Walikota Parepare DR. HM Taufan Pawe dalam sambutannya, menyambut hangat bertambahnya jumlah perbankan di Kota Parepare, karena menurutnya lembaga perbankan merupakan peyangga utama perekonomian di suatu daerah.

“Lembaga perbankan hadir karena ada kepercayaan dari masyarakat dan tentunya di dukung dengan rasa aman dan nyaman di Kota Parepare,” Jelas Taufan.

Taufan menambahkan, dari data dan penilaian yang diberikan oleh OJK bahwa Kota Parepare merupakan kota kecil yang seksi dikarenakan adanya kerjasama oleh seluruh unsur untuk mewujudkan Parepare lebih sejahtera.

Bertambahnya lembaga perbankan sendiri, dijelaskan Taufan dikarenakan Kota Parepare sekarang ini mengalami peningkatan perekonomian yang sangat pesat dan diperlukan lembaga perbankan untuk mewujudkan peningkatan perekonomian yang tentunya harus melahirkan program yang pro kepada rakyat.

Setelah diresmikan, pihak hasamitra memberikan bantuan berupa bibit pohon dan bantuan peralatan sekolah kepada anak yang kurang mampu. (gz)