by

Pesan Bulan Muharram 1439 H : “LEBIH CERIA”

WARTASULSEL.NET, – Pagi itu saya janjian bertemu teman sejawat, mantan direktur rumah sakit dan pernah menjadi mahasiswa S3 di mana saya sebagai ko-promotor. Saya pernah mendengar bahwa dia terkena kanker dan sedang menjalani perawatan.  Namun,  hari itu saya agak sedikit kaget karena dia datang bawa mobil sendirian dan tampil lebih ceria.

 

Saat ini penyakit degeneratif seperti kanker terus meningkat penderitanya. Hal ini terkait dengan populasi umur lanjut yang semakin meningkat dan tentu gaya hidup. Para penderita saat ini sangat mudah memperoleh Informasi tentang berbagai bentuk pengobatan yang memberikan dampak yang membuat masa hidup penderita kanker lbh lama dan nyaman.

 

Salah satunya adalah selalu menampakkan keceriaan karena hormon serotonin, dopamin dan endorfin akan keluar saat kita merasa riang, senang, tertawa lepas,  dan banyak bergerak.

 

Allah sudah mengingatkan lewat rasul-Nya, betapa tubuh ini adalah satu sistem yang komplek. Unsur fisik, jiwa mental, pikiran, syaraf, hormon semua terkait satu dengan yang lain. Kapan kita sedih, tubuh kita melemah, daya tahan tubuh kita menurun dan kerja hormon dalam tubuh terganggu.

 

Penyakit apapun yang kita derita hendaknya kita menerimanya dengan wajah yang tetap tersenyum manis, pikiran yang positif, dengan hati yang sejuk sambil melihat masih begitu banyak nikmat Allah yang perlu kita syukuri.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Sanafrughu lakum ayyuhal tsaqalaan,  fabiayyi aalaa irabbikumaa tukadzdzibaan (QS Ar-Rahman 55:31-32). Artinya: Kami akan memberi perhatian sepenuhnya kepadamu wahai  (gabungan) manusia dan jin. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

 

TERSENYUMLAH DAN TETAPLAH CERIA DALAM KEHIDUPAN YANG SEMENTARA INI.(veni.h/Desy ws)