by

Antrian Mulai Panjang, Apple 8 dan Plus Dijual Hari Ini

WARTASULSEL.NET, – Apple mengumumkan bahwa Apple 8 akan dijual hari ini disejumlah negara. Inggris dan Singapura adalah dua negara yang mendapat jatah iPhone 8 hari ini. Beberapa negara yang kedapatan akan menerima ponsel seri anyar itu diantaranya Australia, Kanada, Hongkong, New Zealand,China, dan Singapura.

Pengguna sudah bisa melakukan pre-order The iPhone 8 dan 8 Plus sejak 15 September lalu. Sementara pre-order iPhone X akan dimulai pada 27 Oktober dan diluncurkan 3 November. iPhone 8 dan 8 plus hanya menawarkan empat skema harga. Di Singapura iPhone 8 dihargai S$1.148 (64 GB) dan S$1.388 (128GB); iPhone 8 Plus S$1.308 (64 GB) dan S$1.548 (128).

Warga Singapura mesti membayar ekstra $150 hingga $180 untuk iPhone 8 dan $170 hingga $200 untuk iPhone 8 Plus. Tambahan harga untuk iPhone X di Singapura $220 hingga $250. 

Sebenarnya jika tak ingin mengantri, pembeli bisa preorder secara online dari Apple Store terdekat. Tapi, beberapa warga Singapura sepertinya memilih untuk menggunakan cara tradisional: mengantri di depan toko Apple.

Sejak semalam, sudah ada warga yang mengantri didepan salah satu distributor Apple di Singapura. Pagi ini, ratusan orang sudah antrian di Apple Store Orchard Road.

Sepertinya tak ada yang mengantri dari malam di Apple Store pertama di Singapura ini. Salah satu Apple Store di China juga sudah menyiapkan pagar pembatas untuk antrian para peminat iPhone 8 dan 8 plus.

Para analis memperkirakan permintaan Apple 8 dan 8 Plus tak akan sebaik seri sebelumnya. Dua hari sebelum peluncuran iPhone 8 hari ini, saham Apple terpantau anjlok 1,7 persen, mengutip The Street. Meski tahun ini saham Apple naik 34 persen.

Pre-order iPhone di China juga lesu ketimbang iPhone 7. Dalam tiga hari pertama sejak pre-order dilakukan pada 15 September, JD.com mencatat pre-order 1,5 juta perangkat dibanding 3,5 juta saat pre-order iPhone 7. Akankah penjualan iPhone 8 hari ini juga akan seantusias tahun-tahun sebelumnya?

Dari beberapa ulasan, rancangan dan pengalaman menggunakan iPhone 8 memang tak beda jauh dengan iPhone 7. Beberapa menyarankan upgrade ke iPhone 8 dilakukan oleh pemilik Phone 6. iPhone 8 menggunakan sampul kaca untuk memudahkan proses wireless charging, dengan prosesor A11 Bionic, dan memperbarui sensor kamera dan layar Retina HD.

Wireless charging ponsel ini mendukung Qi Open Standard, hingga 7,5W. Jadi jika pengguna ingin menggunakan pengisi daya tanpa kabel, saat ini harus menggunakan charger pihak ketiga. Sebab, Apple AirPower Mat baru akan tersedia tahun depan. (zoel)