by

Asal Usul Emas

WARTASULSEL.NET, – Asal-usul emas pertama kali diungkap dalam konferensi pers di Harvard Smithsonian Center for Astrophysics. Astronom mengatakan bahwa emas berasal dari peristiwa tumbukan antar dua bintang neutron yang melepaskan beragam unsur berat.

Tumbukan bintang neutron disebut sebagai salah satu fenomena terdahsyat di alam semesta dan diduga hanya terjadi setiap 10.000 tahun sekali. Emas di planet kita diperkirakan berasal dari peristiwa tumbukan bintang neutron di Bimasakti dan “dikirim” ke Bumi lewat meteor atau asteroid.

Emas yang terdapat di Bumi juga diyakini ilmuwan bisa berasal dari supernova, pediode dimana sebuah bintang tak lagi melakukan reksi nuklir dan kemudian meledak. Ledakan bintang tersebut menyebarkan partikel bermuatan netral (neutron) di luar angkasa.

Neutron kemudian bergabung dengan zat lain, seperti besi. Ketika besi terlalu banyak bergabung dengan neutron, maka lama kelamaan dia akan berubah menjadi logam dengan massa yang lebih besar, yakni perak. Perak kemudian bisa ‘memakan’ neutron dalam jumlah besar hingga akhirnya menjadi emas. (zoel)