by

Pesan 27 Dzulhijjah 1438H “Nikmat Hidup”

oleh : Prof. Veni Hadju*)

 
WARTASULSEL.NET, – Berapa usia Anda sekarang? Empat puluhan, lima puluhan, atau di atas enam puluh tahun? Bila sudah diatasi lima puluh tahun maka Anda disebut dengan Lolita atau lolos lima puluh tahun.

 

Menurut para ahli bahwa Anda harus bersyukur karena dengan umur seperti itu Anda telah menikmati berbagai pemberian Sang Pencipta dan yang lbh penting lagi bahwa Anda masih diberi kesempatan untuk menyiapkan diri menghadap-Nya.

 

Itulah yang disebut dengan nikmat hidup….

 

Apa yang paling sering dilakukan orang di usianya setelah 50 tahun? Sepertinya belum ada survey khusus untuk itu. Namun tampaknya variasinya cukup besar.

 

Ada yang sudah bertobat dan mengaktifkan dirinya di mesjid dan kegiatan agama lainnya. Ada yang masih sibuk dalam bisnisnya dan terus membangun kerajaan bisnisnya.

 

Ada yang masih tetap mencintai pekerjaannya dan semakin professional sambil beribadah seadanya.  Ada juga yang terus belajar menimba Ilmu karena masih merasa kurang dengan gelar dan sertifikat yang dikumpulkan. Dan masih ada seribu satu model lainnya.

 

Allah telah mengingatkan manusia bahwa kita pasti kembali kepada-Nya. Alangkah ruginya mereka yang diberi umur yang panjang namun amalnya tetap seperti yang dulu.

 

Betapa kita prihatin kalau umur yang diberikan bukan untuk amal saleh yang menjadi bekal terbaik di akhirat nanti.

 

Seandainya masih ada waktu maka seharusnya sedekah, infal, zakat, wakaf dan amal kebaikan lainnya menjadi prioritas.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Famayyuridillaahu ayyahdiyahuu yasyrah shadrahuu lil islaam  (QS Al-An’aam 6:125).

 

Artinya: Barang siapa yang dikehendaki Allah akan mendapat hidayah  (petunjuk). Dia akan membukakan dadanya untuk  (menerima) Islam.

 

Nikmatilah umur yang panjang dengan tambahan ibadah yang semakin baik. (zoel)