by

Kuliah Umum BPK RI Di Unismuh Makassar

Oleh : Dr. BUYUNG ROMADHONI, S.E., M.Si*)

 

WARTASULSEL.NET, – Pentingnya pengetahuan dalam pengelolaan keuangan negara terurai dalam kuliah umum yang dibawakan oleh Bapak Dr. Harry Azhar Azis, M.A (Ketua BPK RI 2014-2017, Anggota VI BPK RI 2017-2019) dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara Untuk Kesejahteraan Rakyat” pada hari Senin 18 September 2017 di Auditorium Al-Amin Kampus Unismuh Makassar.

 

Uraian Harry Azhar Aziz, dalam pengelolaan dan APBN/APBD diharuskan memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah transparansi(keterbukaan), yaitu dana yang dikelola oleh pengelola anggaran harus terbuka dan diketahui.

 

Selanjutnya pengelollaan keuangan harus akuntabel artinya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peruntukan penggunaan anggaran serta anggaran yang dikelola harus demi kemakmuran rakyat. “Ketiga unsur ini harus diperhatikan bagi setiap pengelola keuangan negara.”

 

Magnet kuliah umum oleh Bapak Dr. Harry Azhar Azis, M.A sangat terlihat dengan hadirnya 1.118 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnisyang dipandu oleh Dr. Buyung Romadhoni, S.E., M.Si seorang dosen muda FEB Unismuh Makassar, berdarah Galesong.

 

Tampak hadir pulaWakil Rektor I Bidang Akademik, Ir. H. M. Rachim Nanda, M.Y sekaligus membuka kuliah umum, Wakil Rektor III, Dr. Muhammad Tahir, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ismail Rasulong, S.E., M.M, Ketua Prodi PPs Aribisnis Prof. Syaifuddin, Direktur Humas, Protokol dan Kerjasama, Dr. H. Mahmud Nuhung, Wakil Dekan III FEB Samsul Rizal, S.E., M.M, Wakil Dekan II FEB, Dr. Agussalim dan dosen-dosen dari berbagai fakultas.

 

Tugas dan tanggungjawab Harry Azhar Azis dalam kesehariannya adalah memeriksa pengelolaan keuangan negara/daerah pada Kementerian Kesehatan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Selain itu juga bertanggungjawab melaksanakan pemeriksaan atas keuangan dan  kekayaan daerah yang dipisahkan pada pemerintah daerah wilayah Bali, Nusa Tanggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

 

Harapan Dekan FEB Unismuh Makassar, Bapak Ismail Rasulong, S.E., M.M dengan adanya kuliah umum dari Bapak Dr. Harry Azhar Azis adalah mahasiswa makin bergiat untuk melakukan perkuliahan dan pembelajaran sehingga mendapatkan bekal pengetahuan pengelolaan keuangan  negara dan pada akhirnya akan terlibat ataupun dilibatkan dalam tugas-tugas negara, khususnya diladang-ladang pengabdian masyarakat, termasuk melakukan pendampingan pengelolaan keuangan desa.

 

Kondisi saat ini sangat memprihatinkan karena masih banyaknya aparatur desa yang belum bisa mengelola keuangan negara secara transparan dan akuntabel mengakibatkan aparat desa tersebut yang tersangkut masalah hukum.

 

Tetapi jika dilakukan pendampingan maka akan ada sosio kontrol terhadap pengelolaan keuangan negara pada tingkat desa, mengakibatkan aparatur desa dapat mengelola keuangan negara lebih transparan dan akuntable, harap Ismail Rasulong yang juga seorang putra berdarah Galesong. (zoel)

News Feed