by

Gempa Bumi M:4.6 Guncang Labuhan Bajo. Tidak Berpotensi Tsunami

WARTASULSEL.NET, – Hari Senin (18/09/2017), wilayah Labuhan Bajo diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pukul 07:32:27 WIB dengan kekuatan M:4.6. Episenter terletak pada 8,22 LS dan 119,29 BT, tepatnya di laut pada jarak 66 km arah Timur Laut Kota Bima pada kedalaman 26 km.

 

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukan bahwa gempabumi dapat dirasakan oleh banyak orang dengan skala intensitas II SIG BMKG (III MMI) di daerah yang berdekatan dengan pusat gempabumi.

 

Hal ini dikonfirmasi oleh laporan dari masyarakat setempat. Dampak dari gempabumi dengan skala intesitas tersebut belum berpotensi menimbulkan kerusakan.

 

Gempa bumi ini merupakan gempabumi berkedalaman dangkal yang terjadi akibat aktivitas sesar naik belakang busur Flores (Back Arc Thrust Fault). Berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

 

BMKG akan terus melakukan monitoring perkembangan aktivitas gempabumi dan hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat.

 

Untuk itu kepada masyarakat pesisir di Labuhan Bajo dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. (zoel)