by

Basarnas Makassar Mengevakuasi Warga Asing

WARTASULSEL.NET, – MAKASSAR, Sore kemarin (17/9), Kepala Basarnas Makassar Amiruddin menerima laporan dari nahkoda bahwasanya ada salah satu anak buah kapal (ABK) kapal ADS Dalte Sun butuh pertolongan. Tim Rescue langsung kelokasi pertemuan yang telah disepakati dengan kapal.

 

Rodrigo Malacaste (50) warga negara asing dari negara Filipina yang merupakan anak buah kapal (ABK) kapal ADS Dalte Sun, terpaksa di evakuasi oleh Badan Sar Nasional (Basarnas) Makassar lantaran sakit ditengah laut. Senin (18/9/2017) dini hari.

 

Proses evakuasi cukup lama hingga tiga jam karena cuaca ekstrem, saat itu korban langsung ditandu kekapal dan langsung diberikan pertolongan pertama oleh kesehatan pelabuhan.

 

Kapal tersebut merupakan kapal Kargo yang berlayar dari negara Cina dengan tujuan negara Australia, dalam perjalannya ia telah mengalami sakit ginjal (usus buntu) selama satu minggu. Dengan rasa sakit yang tak mampu ditahannya terpaksa ia minta tolong kepada Basarnas Makassar untuk dievakuasi.

 

Saat ini Rodrigo Malacaste (50) dirawat di Siloam, segala sesuatunya akan dijamin oleh perusahaan hingga kembali kenegaranya. Sementara kapalnya yang ditumpangi langsung melanjutkan perjalannya ke Australia. (zoel)