by

Pesan 14 Dzulhijjah 1438 H : “GEN DIABETES” 

 

WARTASULSEL.NET, – Para peneliti akhir-akhir ini menemukan bahwa gen GPRC5C pada sel beta pankreas sangat dipengaruhi asupan vitamin A. Mereka yang mengkonsumsi vitamin A yang adekuat akan memberikan pengaruh terhadap gen GPRC5C shgga produksi insulin meningkat. Dengan demikian konsumsi vitamin a sangat diperlukan pada penderita diabetes.

 

Vitamin A dapat diperoleh dari sumber bahan makanan hewani seperti hati, telur, dan ikan serta dari berbagai buah dan sayuran kuning kemerah-merahan seperti pepaya, tomat, wortel, labu, dan ubi jalar.  Konsumsi vitamin A yang tinggi ada baiknya diupayalan sejak anak-anak agar mencegah kejadian diabetes.

 

Penderita diabetes terus meningkat di negara ini. Diperkirakan sebesar 9 juta penduduk Indonesia menderita penyakit ini. Ini menempatkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah penderita nomor empat tertinggi di dunia. Upaya untuk merangsang gen GPRC5C terus dilakukan shgga suatu saat penyakit ini bisa ditanggulangi.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wal ardha madadnaahaa wa alqainaa fiihaa rawaasiya wa ambatnaa fiihaa min kulli syaim mauzuun  (QS Al-Hijr 15:19). Artinya: Dan Kami telah menghamparkan bumi dan Kami pancangkan padanya gunung-gunung serta Kami tumbuhkan di sana segala sesuatu menurut ukuran

 

SEIMBANGKANLAH KONSUMSI MAKANANMU YANG DAPAT MERANGSANG GEN GPRC5C.(RED WS/VENI.H)