by

KOPASSUS Peringkat Ketiga Pasukan Elit Dunia

-Hankam-2,171 views

WARTASULSEL.NET, – Berdasarkan urutan pasukan elit dunia versi Discovery Channel Military edisi 2008, Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS) hingga saat ini berada diposisi ketiga pasukan elit dunia. Sementara diposisi pertama diduduki United Kingdom’s (SAS) dan diposisi kedua diduduki oleh Israel’s (MOSSAD).

 

KOPASSUS adalah pasukan elit yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat Indonesia, yang dibentuk pada 16 April 1952, karena memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti terror. KOPASSUS sering ditugaskan untuk melakukan misi seperti aksi langsung, misi tidak biasa, sabotase, anti terorisme, dan pengmpulan data intelijen.

 

KOPASSUS juga pernah pernah terlibat perang langsung dengan satu batalyon pasukan komando Special Air Services (SAS) pada tahun 1963 ketika terjadi konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia di perbatasan Kalimantan Utara. Dalam perjalan sejarahnya, KOPASSUS berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat yang membuat namanya terkenal di dunia Internasional.

 

Beberapa operasi yang dilakukan oleh KOPASSUS diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya.

 

Dikarekan misi dan tugas operasi yang bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan KOPASSUS tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh. Prajurit KOPASSUS dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini disebut sebagai pasukan baret merah. “Berani, Benar, Berhasil” adalah moto dari KOPASSUS.

 

 

(Zoel)

News Feed