by

Pesan 20 Dzulqa’dah 1438 H : “Perjalanan”

WARTASULSEL.NET, – Bila Anda ke Singapura dalam waktu dekat ini, maka Anda akan melihat di sekitar Bandara International Changi ada pembangunan Terminal 4 yang sedang memasuki tahap akhir. Saya diberi tahu teman bahwa ini lebih canggih dibanding Terminal 3 Changi yang kita kenal sebagai Bandara Internasional yang terbaik di dunia saat ini. Beberapa Bandara Internasional memang terus ditingkatkan kapasitasnya dan kecanggihannya termasuk bandara Sukarno-Hatta di Cengkareng, Indonesia.(16/8/2017)

Saat ini semakin banyak orang melakukan perjalanan. Perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lainnya semakin cepat. Lihat saja jumlah orang yang ada di setiap bandara internasiomal. Sampai jutaan orang per hari.

Orang semakin mudah mencapai satu tempat sesuai dengan keinginannya. Hampir tidak ada tempat rekreasi yang tidak dikunjungi orang setiap hari. Semakin banyak orang ingin mengisi hari-harinya untuk suatu kesenangan atau permainan, atau untuk menikmati alam ciptaan Allah.

Allah telah memudahkan hamba-Nya untuk menjelajahi bumi ini. Transportasi di darat, laut dan udara sdh bukan hambatan lagi. Namun, Allah juga sdh mengingatkan bahwa ke manapun kita pergi pada saatnya kita akan kembali kepada-Nya.

Kita kembali akan mempertanggubgjawabkan apa yang telah kita perbuat. Untuk itu suatu perjalanan harusnya bukan sekedar mengisi waktu semata untuk suatu kesenangan namun untuk lebih mengingatkan diri kita bahwa hidup d dunia ini akan berakhir dan ada hidup.abadi di akhirat kelak.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Huwalladzii ja’ala lakumul ardha dzaluulan famsyuu fiimanaakibihaa wakuluu mirrizqihii wailaihin nusyuur (QS Al-Mulk 67:15). Artinya: Dialah yang menjadikan bumi utk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

LAKUKANLAH PERJALANAN UNTUK MENGENAL CIPTAAN ALLAH.

(RED WS/VENI.H)