by

Pesan 4 Dzulqa’dah 1438H : “FENOMENA ALAM”

WARTASULSEL.NET, – Muh. Ma’rufin Sudibyo, seorang peneliti dan sekaligus penulis handal dalam bidang astronomi, ilmu falak, dan astrofisika telah menulis buku yang menarik “Ensiklopedia Fenomena Alam dalam Al-Qur’an: menguak rahasia ayat-ayat kauniah (Tinta Medina, cetakan pertama, 2012).

 

Dalam buku ini kita akan terkagum-kagum dengan dahsyatnya kekuasaan Allah yang terlihat dalam ciptaan-Nya.

 

Siapa yang tidak takjub dengan kejadian tsunami seperti yang terjadi di Aceh dan sekitarnya, bagaimana dengan meletusnya gunung berapi, kejadian gempa, tanah longsor.

 

Atau juga kejadian gerhana bulan atau matahari yang menarik banyak orang untuk menelitinya.

 

Semua fenomena alam ini (ayat kauniah) dijelaskan secara detail dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an (ayat qauliyah).

 

Fenomena alam dalam Al-Qur’an lima kali banyaknya dibandingkan dengan ayat-ayat tentang hukum (750 vs. 150). Artinya, Allah ingin menggambarkan kekuasaan-Nya yang harus dikaji lebih dalam oleh manusia.

 

Allah juga memerintahkan untuk menuntut ilmu agar manusia tunduk dan patuh kepada perintah-Nya dan tidak menyembah kepada selain-Nya.

 

Jadi, tidak percaya lagi kepada kecanggihan teknologi, kesaktian keris, atau ilmu-ilmu sakti dari paranormal.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Afalaa yanzhuruuna ilal ibali kaifa khuliqat, wailassamaai kaifa rufi’at, wailal jibaali kaifa nushibat, wailal ardhi kaifa suthihat (QS Al-Gaasyiyah 88:17-20). Artinya: Maka tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana ia diciptakan, dan langit, bagaimana ditinggikan, dan gununu-gunung bagaimana ditegakkan, dan bumi, bagaimana dihamparkan.

 

LUANGKAN WAKTUMU SESAAT DALAM SETIAP HARI MENGAGUMI CIPTAAN ALLAH DAN FENOMENA ALAM DI DALAMNYA.

 

(Veni.H/red ws)