by

Haji Gelombang Pertama Siap Diberangkatkan Oleh Kemenag

 

WARTASULSEL.NET,- Kementerian Agama menyatakan visa untuk jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama periode tanggal 28 Juli-11 Agustus 2017 telah selesai dirampungkan dan siap memberangkatkan gelombang pertama.(24/7/2017)

 

Total 102.663 jemaah pada gelombang pertama yang akan diberangkatkan, visanya sudah diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi,” kata Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu kemarin 23/7.

 

Paspor kendala sendiri sering menjadi persoalan tersendiri bagi jemaah haji Indonesia sebagaimana terjadi pada penyelenggaraan haji sebelum-sebelumnya. Dan menurut Shofwan Insya Allah optimistis pengurusan visa tahun ini berjalan lancar.

 

Kemenag mengupayakan berbagai hal terkait persiapan agar tidak ada kuota haji yang tidak terserap oleh jemaah. Total kuota jemaah haji Indonesia tahun ini adalah 221.000 orang, terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus.

 

Terdapat dua gelombang keberangkatan jemaah haji, yaitu pertama pada 28 Juli-11 Agustus 2017, dan kedua tanggal 12-26 Agustus 2017. Gelombang pertama akan terbang dari Indonesia menuju Madinah, Arab Saudi untuk menjalani ibadah Arbain.

 

Secara bertahap diberangkatkan menuju Mekah untuk menjalani proses ibadah haji. Kemudian, gelombang kedua akan terbang dari Indonesia menuju Jeddah lalu ke Mekah. Mereka baru akan diberangkatkan ke Madinah setelah menjalani ibadah haji.(Wartaekonomi/red-ws)