by

Mahasiswa PBI Dan PBA Ikuti Pembekalan PPL Di Aula Rektorat UIN Makassar

WARTASULSEL.NET, – Pembekalan PPL Mahasiswa PBI (pendidikan bahasa Inggris) dan PBA (pendidikan bahasa Arab) hari ini digelar (20/07/17) di Aula Gedung Rektorat Lantai 1 UIN Alauddin Makassar.

 

Kegiatan ini di mulai sejak pagi pada pukul 7.30 sampai 16.30 sore dan berlanjut hingga besok. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan jadwal Hari kamis (20/07/17) dan Jumat (21/07/17).

 

Dua hari itu merupakan jadwal PBI dan PBA bertempat di Aula Gedung Rektorat sedangkan untuk Jurusan PGMI, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi pada hari yang sama bertempat di Auditorium UIN Alauddin Makassar.

 

Hari Sabtu berikutnya hingga hari Ahad/Minggu dari pukul 22-23/07/17) dilakukan oleh jurusan manajemen pendidikan Islam (MPI) bertempat Gedung yang sama dan jurusan dan Jurusan Pendidikan Agama Islam bertempat di Auditorium UIN Alauddin Makassar, jelas kontributor wartasulsel.

 

Jumlah  keseluruhan peserta pembekalan untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berjumlah 726 orang. 524 mengikuti PPL reguler dan 202 orang lainnya mengikuti PPL Nasional yang tersebar dari wilayah Jawa, Flores, hingga Kabupaten Bone.

Foto : Tampak Suasana Pembekalan Mahasiswa PBI dan PBA di Aula Rektorat UIN Alauddin Lantai 1. (foto Fika)

Pemateri untuk pembekalan hari ini, di Aula Gedung Rektorat lantai satu UIN Alauddin Makassar yaitu Ibu Syamsudduha selaku Ketua Panitia PPL Tahun Ajaran 2017/2018 , Ibu Dr. Hj. Djuwairiah Ahmad, M.Pd., M.TESOL.

Penempatan PPL reguler UIN Alauddin Makassar menurut ketua panitia sendiri pengumumannya akan keluar pada hari Senin depan tanggal (24/07/17).

 

Poin utama dalam pembekalan PPL hari ini adalah latar belakang PPL itu sendiri yaitu menurut rencana jangka panjang menengah Nasional tahun ajaran 2015 dalam kurikulum LPTK untuk mengatasi masalah rendahnya kualitas guru.

 

Ditengarai bahwa karena pabriknya yang tidak beres. Seperti fakultas pendidikan khususnya fakultas tarbiyah dan keguruan yang sebagai pabrik. Ketua panitia juga menjelaskan bahwa PPL tahun ini berbeda dari sebelumnya, dikarenakan pada PPL Tahun-tahun sebelumnya dianggap mahasiswa sebagai ibarat anak kecil yang dilepas di tengah laut dan belum bisa berenang kemudian setelah itu kapalnya pergi meninggalkan anak kecil tersebut dan membuatnya berusaha sendirian.

 

Seperti itulah ibarat mahasiswa tahun sebelumnya. Dan juga model pembekalan tahun-tahun sebelumnya adalah metode ceramah, yang membedakan dengan tahun ini adalah dilengkapi dengan metode praktik mengajar, Sehingga Mahasiswa akan lebih siap untuk PPL.

 

Tujuan PPL ialah untuk melakukan pemantapan kemampuan profesional sebagai calon guru yang meliputi penguasaan dan metodologi, memberikan ruang untuk mendemonstrasikan kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian hasil belajar sesuai bidang yang ditekuni, belajar melakukan refleksi atau evaluasi, kegiatan mendalami karakteristik peserta didik dan meningkatkan motivasi belajar.

 

Penulis : Fika

Editor : Red-WS