by

Wisata Religi : Dua Masjid Unik Menyerupai Ka’bah

WARTASULSEL.NET, – Dalam wisata religi kali ini kita akan melihat ada dua masjid yang unik menyerupai bentuk Ka’bah di Masjidil Haram Mekkah. Dan kedua masjid ini meski berada dalam dua lokasi berbeda tapi perlu kita kenal wisata religi masjid ini.(19/7/2017)

 

Masjid yang memang sengaja dibangun menyerupai Kabah di Masjidil Haram Mekah lantaran terinspirasi akan kerinduan sang pemilik untuk kembali menunaikan ibadah haji ke Mekah.

 

Lokasinya ada di Jalan Kalijati Timur, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Subang. Masjid Kabah ini diberi nama At-Toyibah.

 

Dan menariknya, ternyata bukan hanya arsitektur masjidnya saja yang berbentuk Kabah, di area komplek masjid ini juga terdapat replika Hijr Ismail hingga miniatur bukit Marwah. Masya Allah… keren ya?

Banyak warga dari beberapa daerah di Indonesia yang sering berkunjung ke Masjid tersebut.

 

Sementara Masjid Alfatih Al Anshar, sebuah masjid yang berdiri di bilangan jalan Paccinang Raya, Kelurahan Tello, Kecamatan Panakukang Makassar.

 

Sebuah bentuk Ka’bah dibangun dan melekat di dinding di sisi timur masjid, dengan ukuran lebar 7 meter, dan tinggi 12 meter, lengkap dengan Hajar Aswad di sudutnya.

 

Nama Masjid Alfatih Al Ashar diambil dari gabungan nama cucu.Mustamin dan nama akhirnya.

Tak hanya itu, ia juga sangat berhati-hati dengan pemahaman masyarakat yang mungkin saja bergeser melihat adanya bentuk ka’bah di masjid tersebut.

 

“Kita jaga, jangan sampai ada yang ibadah khusus di sini, apalagi melihat ada hajar Aswad di situ,” pungkasnya.

Meskipun masjid ini didirikan oleh keluarga Mustamin, tapi masyarakat dapat bebas menggunakannya.

 

Dan keunikan pun terjadi saat kita melintas pada dua masjid diatas.

 

Penulis : Ocan

Editor : Red-WS