by

Berikut Ulasan Beberapa Tips “ETIKA BERWHATSAPP”

 

WARTASULSEL.NET, – WhatsApp kini menjadi layanan messaging terpopuler karena simpel dan banyak fitur. Grup WhatsApp pun bermunculan walau kadang ‘menyebalkan’. Mungkin patut disimak beberapa etika grup WhatsApp berikut ini yang dikutip detikINET dari Hongkiat, yang mungkin bisa ditambah sendiri:

 

1. Anggota Jangan Terlalu Banyak

 

Bagi admin, meskipun bisa menambahkan banyak orang di WhatsApp, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Secukupnya saja sesuai tujuan grup tersebut dibentuk. Karena jika terlalu banyak, dapat terjadi banjir notifikasi dan pesan yang mungkin mengganggu anggota lain.

 

2. Jangan Masukkan Orang Asing dalam Grup

 

Grup WhatsApp salah satu tujuannya mungkin untuk mengeratkan pertemanan atau menambah teman baru. Tapi disarankan bagi admin untuk sedikit hati-hati menambahkan anggota, apalagi yang benar-benar asing dan tak berkaitan dengan grup. Dan di sisi lain ada isu privasi karena anggota grup bisa melihat seluruh nomor telepon anggota lainnya.

 

3. Jangan Ngobrol Sendiri

 

Boleh saja ngobrol dengan seseorang di sebuah grup WhatsApp, tapi jangan terlalu berlebihan. Bagaimanapun di grup tersebut ada banyak orang dan mungkin yang lain jadi terganggu. Kalau mau ngobrol panjang lebar ya lebih baik japri.

 

4. Jangan Kirim Topik Tak Relevan

 

Jangan melenceng dari tujuan grup tersebut dengan mengirimkan pesan tidak relevan kecuali memang sudah sangat akrab dengan seluruh anggota grup. Kalau misalnya grup dibentuk dengan tujuan reuni, lebih baik fokus pada topik tersebut.

 

5. Jangan Sebar Konten Hoax atau Meragukan

 

Selalu ingat untuk mengirimkan pesan atau konten yang pantas, sopan dan tidak menyerang siapapun. Foto-foto yang meragukan atau berpotensi hoax sebaiknya jangan ditebar karena bisa runyam akibatnya.

 

6. Jangan Kirim ‘Spam’

 

Seringkali sebuah pesan dikirimkan berulangkali oleh orang yang berbeda-beda dalam satu grup. Sebaiknya jika pesan atau konten telah diinformasikan oleh yang lain, jangan dikirimkan lagi karena bisa dianggap menyebalkan.

 

7. Jangan Terlalu Diam

 

Jika sudah ada di sebuah grup, memang tidak ada yang melarang untuk hanya kepo dan diam saja tanpa mengirimkan apapun. Tapi Anda masuk ke grup karena dianggap atau ada alasannya. Jadi bolehlah sesekali meramaikan.

 

8. Jangan Kirim Pesan di Waktu yang Salah

 

Berkirim pesan sebaiknya memang dilakukan pada waktu orang diasumsikan sedang terjaga. Kecuali darurat, disarankan untuk tidak berkirim pesan di grup pada jam-jam istirahat seperti misalnya dinihari.

 

(Red-WS)